background img
BJB 2017
Percepat Masa Tanam, BPTP Adakan Upsus Pajale di Kalisumur Bumiayu

Percepat Masa Tanam, BPTP Adakan Upsus Pajale di Kalisumur Bumiayu

BREBES - Untuk mempercepat masa tanam, Senin (30/10) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah mengadakan Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai (Pajale). Upsus Pajale dilakukan di Desa Kalisumur, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Kegiatan Upsus ini dihadiri oleh sekitar 100 orang dari Gabungan kelompok tani (Gapoktan), Kepala BPTP Provinsi Jateng, Dr Ir Herwanto MSi, Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Kepala Dinas BPP Brebes Ir Budiarso, dan Sekretaris Camat Bumiayu, Eko P MSi.

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Provinsi Jateng, Dr Ir Herwanto MSi mengatakan, pangan merupakan salah satu faktor utama bagi pembangunan suatu negara. Terlebih, kata dia, Provinsi Jateng menjadi barometer dalam hal pangan di Indonesia.

"Sehingga selama dua tahun kita bekerjasama dengan TNI untuk masalah pangan ini. Karena cita-cita kita, Indonesia sudah bisa swasembada bahkan ekspor untuk urusan pertanian,"katanya.

Kendati demikian, kata Herwanto, mayoritas masyarakat Indonesia masih menanam padi yang bervarietas lama. Untuk itu, pihak BPTP terus berupaya memberikan benih baru yang lebih bagus seperti padi 30, 32, dan 33.

Herwanto menambahkan, Upsus Pajale memang sengaja dilakukan saat Oktober sebagai masa awal musim tanam. Selain itu, pada Oktober cadangan air dalam tanah melimpah karena tepat memasuki musim penghujan.

Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono yang turut hadir mengapresiasi kerja keras petani yang sejak 2015 silam, Indonesia sudah tidak impor beras. Tentunya, kata dia, apabila ketahanan pangan terjaga, negara juga akan kondusif.

"Banyak sekali negara-negara maju yang ketahanan pangannya tidak terjaga, hingga menyebabkan hancurnya negara tersebut. Untuk itu, mari jaga ketahanan pangan kita. Cita-cita Swasemada tidak mustahil!,"tegas dia.(rbn)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL