background img
Leaderboard BJB 2018
KCI dan PPD Kerja Resmikan kerja sama integrasi antarmoda melalui alat bayar Kartu Multi-Trip

KCI dan PPD Kerja Resmikan kerja sama integrasi antarmoda melalui alat bayar Kartu Multi-Trip

JAKARTA  - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) meresmikan kerja sama integrasi antarmoda melalui alat bayar Kartu Multi-Trip (KMT) di Stasiun Sudirman pada Jumat (16/3).

Direktur Operasi & Pemasaran PT KCI, Subakir menyebutkan kerja sama pembayaran e-ticketingantarmoda itu dapat mewujudkan sinergi BUMN dengan uji coba pertama dua trayek dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun Gambir dan Terminal Blok M.

"Ini kebanggaan kerja sama antara dua instansi BUMN dan akan kami kawal e-ticketing-nya. Sebagai pilot project kami akan melayani trayek Sudirman-Gambir dan Sudirman-Blok M. Pada 2017 lalu, KCI 315 juta penumpang per tahun atau 850-900.000 penumpang per hari," ujar Subakir, Jumat (16/3) di hall atas Stasiun Sudirman.

Sementara itu, VP Komunikasi Perusahaan PT KCI, Eva Chairunisa menyebutkan bila layanan antarmoda transportasi tersebut mendapat animo tinggi dari masyarakat, pihaknya akan membuka kemungkinan sistem ini diterapkan di sejumlah stasiun di ibu kota.

Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, mengatakan kerja sama integrasi antar moda yang difasilitasi oleh KCI bersama PPD ini merupakan bagian dari interkoneksi sistem transportasi di Indonesia.

"Sekarang dalam bentuk kartu yang dikeluarkan KCI, artinya bentuk e-ticketing. Jadi pengguna KCI bisa melakukan taping dengan praktis dan mempermudah masyarakat dalam mengendarai moda transportasi umum," kata Pande.

Ia berjanji bahwa di setiap bus layanan PPD yang menangani perjalanan dari stasiun KCI dengan harga Rp 5.000 untuk sekali perjalanan akan mendapatkan pelayanan terbaik mulai dari tempat duduk nyaman, AC dingin, bahkan akses layanan gratis WiFi.

"Headway (jarak kedatangan antar bus) saat ini setiap 45 menit, namun jika animo masyarakat tinggi bisa kita tingkatkan menjadi per 20 menit," tambah Pande.

Dewan Pengawas Perum PPD, JA Barata berharap agar layanan ini membuat publik bisa berkendara secara mudah dan nyaman.

"Setiap bus dilengkapi dengan kotak pengaduan agar kami bisa terus memperbaiki pelayanan. Semoga kerja sama ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan layanan transportasi terbaik," kata Barata.

Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus "Ayo Naik Transportasi Umum, Biar Gak Macet" dapat dibeli dengan harga Rp 35.000 (isi saldo Rp 15.000) dijual petugas PPD di dalam bus hingga 12 April 2018 atau bisa juga didapatkan di Stasiun Sudirman dan stasiun lainnya.

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 BREBES 3 brebe
beboop BANASPATI PMI BREBES7