Kamis, 18 Desember 2014 | 06:03 WIB Last Update: 2014-12-17 22:17:09

Internasional

8 September Kemerdekaan Kanada

Dirilis oleh Ismet, Sabtu, 8 Sepember 2012 | 11:11 WIB
Telah dibaca 1039 kali

KANADA, --Tanggal 8 September tahun 1763, Kanada berhasil memerdekakan diri dari kekuasaan Perancis. Kemerdekaan itu diperoleh rakyat Kanada melalui berbagai pertempuran yang memakan waktu cukup lama. Akan tetapi, meskipun telah merdeka, Kanada masih terus dirundung konflik antara orang-orang Kanada keturunan Perancis dan orang-orang Inggris yang tinggal di negeri itu.

Meskipun secara resmi menyatakan diri merdeka, secara politik Kanada masih berada di bawah pemerintahan Inggris. Selama beberapa waktu, sejak tahun 1867, Kanada diperintah oleh seorang gubernur jenderal yang diangkat oleh ratu Inggris.

Tentara Nazi Kepung Leningrad

Tanggal 8 September tahun 1941, tentara Nazi Jerman berhasil mengepung kota Leningrad, Uni Soviet. Akan tetapi, berbeda yang dibayangkan oleh Hitler, kota ini tidak juga bisa dijatuhkan. Rakyat kota itu bahkan mampu melakukan perlawanan hingga bulan Januari tahun 1944, padahal warga Leningrad sama sekali tidak memiliki fasilitas militer yang cukup.

Selama tiga tahun bertempur, mereka hanya memiliki sedikit cadangan makanan yang dikirim dari Iran. Selama masa perlawanan itu, lebih dari satu juta warga sipil tewas. Akhirnya setelah warga Leningrad mendapatkan bantuan militer langsung dari tentara Uni Soviet, serta akibat faktor cuaca yang sangat dingin, tentara Jerman terpaksa mundur.

 Richard Strauss Meninggal Dunia

Tanggal 8 September 1949, Richard Strauss, seorang komposer Jerman meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1864 dan sudah mengenal musik sejak usia kanak-kanak. Cukup banyak karyanya yang dibuat ketika ia masih muda. Banyak orang menyebut dia sebagai peletak dasar musik romantis baru pada abad ke-19 dan 20. Karya  Strauss yang paling terkenal adalah "Waltz" dan "Donau Biru"

Pakta SEATO Diteken di Manila

Tanggal 8 September 1954, sebuah pakta pertahanan bernama SEATO yang merupakan perjanjian keamanan Asia Tenggara ditandatangani di kota Manila, Philipina. Pakta ini ditandatangani oleh AS, Inggris, Australia, Pakistan, Thailand, Perancis, Selandia Baru, dan Philipina. Berdasarkan perjanjian SEATO ini, para anggota perjanjian akan memberikan bantuan militer kepada negara anggota lainnya yang diserang oleh pihak luar.

Pada tahun 1975, SEATO dibubarkan setelah terjadinya perubahan besar di kawasan Asia Tenggara, khususnya yang terkait dengan kekalahan AS dalam perang Vietnam.(IRIB)