Kamis, 18 Desember 2014 | 17:25 WIB Last Update: 2014-12-18 15:55:29

Internasional

Iran Tolak Isu yang Beredar Soal Reaktor Nuklir

Dirilis oleh Ismet, Senin, 15 April 2013 | 15:38 WIB
Telah dibaca 442 kali

IRAk, --Wakil Ketua Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) menepis klaim tak berdasar tentang kemungkinan kebocoran radiasi di instalasi nuklir pembangkit listrik Bushehr menyusul gempa bumi di bagian selatan negara itu.

 "Reaktor nuklir Bushehr telah dibangun untuk dapat menahan gempa berkekuatan delapan Richter di sekitarnya," kata Mohammad Ahmadian.

 "Reaktor Bushehr didesain dan dirancang sesuai peraturan internasional yang paling maju dan ketat," kata Ahmadian seraya menambahkan bahwa Pusat Sistem Keselamatan Nuklir Iran, yang berada di bawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memonitoring keselamatan pembangkit listrik selama proses konstruksi.

Mengingat besarnya gempa dan jarak mencapai 100 kilometer dari pusat gempa serta lokasi fasilitas nuklir Bushehr, Ahmadian mengatakan, "Wajar jika gempa tidak akan menimbulkan masalah bagi reaktor nuklir Bushehr."

Gempa kuat berukuran 6.1 pada skala Richter mengguncang kota Kaki, di sekitar 90 kilometer arah tenggara Bushehr pada tanggal 9 April. Sedikitnya 37 orang tewas dan lebih dari 1.050 lainnya luka-luka.

 

Ahmadian mengemukakan pernyataan tersebut setelah Dewan Kerjasama Teluk [Persia] meminta IAEA "mengirim tim teknis khusus memeriksa reaktor nuklir Bushehr dan menyelidiki kemungkinan terjadinya kerusakan."

Pejabat Iran ini lebih lanjut menjelaskan bahwa ada sistem di dalam instalasi nuklir tersebut yang secara otomatis akan melepaskan sambungannya dari jaringan listrik negara dan menghentikan aktivita
Reaktor nuklir Bushehr secara resmi mulai beroperasi pada bulan September 2011, dan untuk sementara memproduksi listrik 40 persen dari total kapasitas

Reaktor nuklir berkapasitas 1000 megawatt itu, beroperasi di bawah pengawasan penuh IAEA, dan mencapai daya maksimumnya pada bulan Agustus 2012.


Iran dan Rusia meyakinkan masyarakat internasional bahwa reaktor nuklir Bushehr sepenuhnya sesuai dengan standar keselamatan dan perlindungan tingkat tinggi yang ditetapkan (IRIB/MZ)
Tags: