Senin, 22 Desember 2014 | 01:37 WIB Last Update: 2014-12-21 19:03:32

Peristiwa

Badai Salju Besar Melanda Turki

Dirilis oleh ismet, Sabtu, 28 Januari 2012 | 23:48 WIB
Telah dibaca 627 kali

ISTAMBUL, SPN --Badai salju berkekuatan besar melanda hampir seluruh wilayah Turki sejak Kamis lalu. Badai tersebut menyebabkan longsor dan kecelakaan fatal di jalan raya di Anatolia, yang juga terjadi pada landasan kapal di Istanbul.

Menurut sebuah harian berita lokal Inggris, baru-baru ini, satu bus tergelincir dari jalan serta berguling di dekat distrik Emirdag Provinsi Afyonkarahisar di pusat Anatolia. Akibatnya seorang penumpang tewas dan lebih dari 30 lainnya cedera.

Bencana longsor juga terjadi di empat lokasi terpisah, antara jalan Erzincan Tunceli dan provinsi di timur Turki pada Jumat kemarin. Longsoran menyebabkan satu truk dan satu minibus tertutup longsoran salju. Sementara beberapa bus mobil serta truk terlihat terdampar di jalan dan ditinggalkan pengendaranya.

Wilayah di Istanbul Sile di pesisir Laut Hitam mengalami hujan salju merata dengan hempasan badai salju setebal 15 cm salju semalam. Akibatnya, warga yang bekerja di pusat kota Istanbul mengalami kesulitan mencapai tempat kerja karena banyak jalan tertutup salju. Banyak dari mereka yang terpaksa meninggalkan kendaraannya di jalan dan berjalan menuju tempat kerja mereka.

Kantor wali kota Metropolitan Istanbul dan Kantor Gubernur juga mendesak para pengemudi untuk tidak mengendarai mobil serta menggunakan transportasi umum sebagai gantinya. Badan meteorologi setempat juga memperingatkan untuk kali kedua sistem cuaca gelombang dingin yang menghasilkan salju akan melanda Turki dari Siberia. Sistem diperkirakan terjadi pada 30 Januari dan melanda Turki sampai 7 Februari.

Di luar badai salju, satu kapal kargo Rona dari Moldavia juga dikabarkan terdampar di pantai Laut Hitam Istanbul karena badai di laut. Kapal itu memiliki sembilan awak kapal yang akan berlayar ke pelabuhan Bulgaria Varna.(lip 6)