Minggu, 21 Desember 2014 | 11:41 WIB Last Update: 2014-12-21 06:51:17

Profil

Kabupaten Bandung, Raih Juara I Lomba PKK Tingkat Jabar

Dirilis oleh Edy, Jumat, 18 Mei 2012 | 12:29 WIB
Telah dibaca 774 kali

BANDUNG KAB,-Kabupaten Bandung akhirnya berhasil meraih juara I Lomba PKK Tingkat Jawa Barat. Dalam lomba tersebut, Kabupaten Bandung diwakili desa Cisondari Kecamatan Pasir Jambu yang meraih juara I UP2K (Usaha Pendapatan Penghasilan Keluarga) dan Desa Melatiwangi Kecamatan Cilengkrang yang meraih posisi yang sama dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Keberhasilan ini merupakan kerja keras bersama antara pengurus tim penggerak PKK Kabupaten, kecamatan dan desa serta seluruh kader PKK. " Untuk itu, atas nama pimpinan daerah saya mengucapkan selamat atas keberhasilan tersebut..", ucap Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip pada Pencanangan Bulan Bhakti Gorong Royong Masyarakat (BBGRM) ke IX dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 Tingkat Kabupaten Bandung yang berlangsung di Alun-alun desa Dampit Kecamatan Cicalengka,

Salah satu tujuan diselenggarakannya BBGRM kata Dadang M. Naser, diantaranya untuk meningkatkan kebersamaan, kekeluargaan serta untuk melestarikan arti gotong royong menuju peningkatan kehidupan bersama dalam pelaksanaan pembangunan.

Menurut penilaiannya, kegiatan tersebut bisa diawali dari peran keluarga yang memiliki posisi penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya ia menilai, gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) telah berupaya mengadakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

"Gerakan PKK telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga dapat menjadi instrumen pembangunan yang handal..",tambah Dadang M. Naser.

Pada bagian lain, ia menegaskan pada lima tahun kedepan pembangunan di wilayah Kabupaten Bandung lebih menitikberatkan pengembangan perdesaan. Diantaranya melalui peningkatan kualitas SDM kelembagaan perdesaan, peningkatan ketersediaan infrastruktur perdesaan, penyediaan sistem transfortasi yang memadai disamping peningkatan produk pertanian yang memiliki daya saing.

Sebagai dukungan terhadap kegiatan BBGRM yang akan berlangsung satu bulan diseluruh desa dan kelurahan tersebut, Pemkab Bandung turut membantu pembangunan jalan sepanjang 20 X 100 meter, pembangunan  MCK 3 buah, pembangunan posyandu 5 buah dan rehabilitasi Rumah tidak Layak Huni sebanyak 5 buah. Sementara untuk,membantu peningkatan kualitas lingkungan di Desa Dampit, diberikan bantuan benih kayu-kayuan sebanyak 500 batang, bor biopori 2 buah. Masih dalam kaitan BBGRM, Pemkab Bandung memberikan bantuan 15 ekor domba jantan dan betina serta 100 liter benih ikan.