background img
bank bjb
Kirab Pataka Hari Jadi Pemalang Jadi Tontonan Ribuan Warga

Kirab Pataka Hari Jadi Pemalang Jadi Tontonan Ribuan Warga

PEMALANG – Dalam menyambut dan memperingati hari jadi ke 444 Kabupaten Pemalang tahun 2019,di gelar berbagai rangkaian kegiatan, seperti, Haul Pangeran Benowo, ziarah makam leluhur, semaan Al- Qur’an, dan prosesi Kirab Pataka, sidang paripurna istimewa DPRD, sport vaganza, Pemalang bersholawat, senam massal dan jalan sehat, pesta rakyat, widuri batik carnival dan kirab budaya, lomba burung berkicau, tari keaenian massal, festival band pelajar dan umum, pentas musik NDX AKA, festival desa wisata, pelayanan SIM, STNK, BPJS, KTP dan Perbankan, serta pameran UMKM.
Kirab dimulai dari Balai Desa Sungapan menuju Desa Paduraksa, kemudian belok ke utara menuju Jl. Gatot Subroto – Jl. A. Yani hingga Jl. Sudirman selanjutnya menuju Alun – alun kemudian menuju pendopo rumah dinas Bupati Pemalang.

Sepanjang route perjalanan kirab, tampak ribuan masyarakat dan pelajar berjejer sepanjang jalan, mereka rela menunggu sejak pukul 08.00 Wib pagi hanya ingin melihat langsung peristiwa prosesi kirab pataka yang menggambarkan berdirinya Kabupaten Pemalang tempo dulu.

Maka tidak hayal, apabila setiap peringatan hari jadi ribuan masyarakat Pemalang ingin melihat langsung arak – arakan kirab petaka, dan kereta kencana, sebagai salah satu kegiatan yang mampu menyita perhatian mereka.

Rombongan kirab yang menempuh jalan sejauh 5 km tersebut, terdiri dari kereta kencana Kyai Seto Mraman yang dinaiki Bupati Pemalang beserta Istri, dan Kereta Kyai Turonggojati yang dinaiki Wakil Bupati Pemalang beserta istri.

Selanjutnya di belakangnya kereta pembawa bendera petaka dan bendera merah putih, disusul rombongan bragada mengikuti dari belakang dengan menggunakan pakaian adat tempo dulu dengan warna hitam lebih dominan.

Setibanya di halaman pendopo, rombongan arak -arakan kemudian mengambil tempat duduk yang sudah disediakan, begitu juga Bupati Pemalang Junaedi dan Wakil Bupati Pemalang Martono.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pemalang, yang di hadiri anggota Forkorpimda, Sekda beserta jajarannya, anggota dewan, tokoh masyarakat dan perwakilan dari kabupaten / kota tetangga.

Peringatan hari jadi tahun ini, mengambil tema Kerja keras, kerja cepat, Kerja cerdas menuju pemalang hebat.(hid/hum)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS