background img
bank bjb
Helmy Yahya : "Ini merupakan Opini (WTP) Tertinggi  Pertama kali dalam sejarah diraih oleh LPP TVRI

Helmy Yahya : "Ini merupakan Opini (WTP) Tertinggi Pertama kali dalam sejarah diraih oleh LPP TVRI

Jakarta, - Setelah lamanya 3 (tiga) tahun berturut-turut) pada Tahun 2014 sampai dengan 2016 Laporan Keuangan LPP TVRI memperoleh opini Disclaimer (Tidak Memberikan Pendapat), kemudian meningkat menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada Tahun 2017, akhimya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Laporan Keuangan LPP TVRI Tahun 2018.

"Alhamdulillah segala puji untuk Allah SWT yang telah memberi karunia opini BPK atas Laporan Keuangan tertinggi (WTP) kepada LPP TVRI pada tahun 2019 ini, sebuah hasil perjuangan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas, Direksi dan seluruh karyawan baik di Pusat maupun di daerah dalam memperbaiki tata kelola keuangan khususnya, penataan aset dan pertanggungjawaban serta pelaporan keuangan", ungkap Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya, saat sambutan acara syukuran di gedung pusat TVRI, Jakarta, Senin (17/6).

Helmy Yahya menambahkan,  bahwa perolehan opini WTP pada tahun 2019 atas Laporan Keuangan LPP TVRI Tahun 2018 ini merupakan opini tertinggi pertama kali dalam sejarah diraih oleh LPP TVRI dalam era pemeriksaan dilakukan oleh BPK. Opini ini menunjukkan bahwa Laporan Keuangan LPP TVRI Tahun 2018 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah, terdapat Kecukupan Pengungkapan (Adequate Disclosure), sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memiliki pengendalian intern yang efektif.

"ini adalah sebuah pencapaian yang harus disyukuri dan pencapaian ini bukan pencapaian direksi saja bukan kerja direktur keuangan direktur umum dalam menata keuangan dan barang milik negara tetapi juga merupakan partisipasi dari seluruh Insan TVRI di 29 provinsi yang ada di Indonesia yang bergerak dalam suasana perbaikan transformasi reformasi birokrasi  akhirnya kami bisa mencapai ini," ungkap Helmy

Prestasi ini menjadi tolok ukur telah terjadinya transformasi di lingkungan TVRI terutama di bidang keuangan seperti pengelolaan anggaran yang lebih transparan dan akuntabel serta kualitas belanja modal yang lebih baik. Pada giliran berikutnya mempu menghadirkan program-program acara televisi yang berkualitas dan diminati masyarakat dan menjadi tonggak bagi keberhasilan LPP TVRI sebagai media pemersatu bangsa.

Helmy Yahya juga menjelaskan bahwa reformasi birokrasi dan rebranding TVRI adalah prioritas yang telah dimulai tahun |a|u dan ditingkatkan tahun ini untuk mengejar percepatan dalam transformasi di lingkungan LPP TVRI.

Peningkatan kedisiplinan pegawai dan peruban layar sudah mulai nampak, serta kepedulian masyarakat juga semakin meningkat dengan adanya berbagai kritik dan saran tentang program acara yang ditayangkan oleh TVRI.

Hadimya siaran oleh raga bulutangkis dan bola dunia merupakan awal kembalinya TVRI menjadi TV Publik yang menyediakan siaran berkualitas untuk masyarakat. Kesuksesan menyelenggarakan Debat Calon Presiden, Siaran Pemilu dan menjadi TV Pool pada berbagai kegiatan kenegaraan juga menunjukkan kembalinya kepercayaan stake holder kepada TVRI.

Disaat yg bersamaan Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, apresiasi yang tinggi perlu diberikan kepada TVRI. Sebagai lembaga negara yang bergerak di bidang penyiaran, kata dia, TVRI mampu meraih prestasi yang prestisius. Kendati demikian dia menjabarkan, terdapat beberapa catatan yang diberikan BPK yang perlu dibenahi TVRI.

“Terdapat beberapa catatan dari kami, dan ini harus ditindaklanjuti oleh TVRI untuk peningkatan ke depannya,” kata Achsanul

Helmy mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besamya kami sampaikan kepada seluruh stake holder yang telah membantu LPP TVRI dalam meraih capaian ini. Kementerian Keuangan melalui DJA yang telah memberikan anggaran, DJPB yang membantu pelaksanaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan anggaran, DJKN yang membantu penertiban aset.

Bappenas yang berperan dalam merencanakan prioritas belanja LPP TVRI, Kementerian PAN dan RB yang mengawal reformasi birokrasi, Kementerian Kominfo sebagai pembina kepegawaian dan belanja modal peralatan, BPKP yang membina SPIP dan Kapabilitas APIP, serta BPK yang memeriksa Laporan Keuangan LPP TVRI.

Serta stake holder lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu baik dalam negeri maupun luar negeri, dan sudah barang tentu rekan-rekan media cetak maupun elektronik Mohon tetap dukungannya agar LPP TVRI bisa berperan sebagai TV Publik yang independen, netral dan imparsial. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, serta puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa dan alhamdulillah, yes TVRI WTP. (rul)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS