background img
bank bjb
Bermain Egrang, Cara Unik Anggota Satgas TMMD Tegal Merangkul Pemuda

Bermain Egrang, Cara Unik Anggota Satgas TMMD Tegal Merangkul Pemuda

Tegal – Progres 80 % sasaran utama TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, yaitu makadam sepanjang 2,3 kilometer dan lebar 3 meter, di hari ke-18 pelaksanaan pembangunan, tak terlepas dari antusias segenap lini masyarakat Desa Jatimulya dalam membantu Satgas TMMD.

Tak kurang setiap harinya 50 orang dari 5 pedukuhan di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, secara bergiliran terjun ke lapangan baik itu tua-muda, laki-laki perempuan dan bahkan anak-anak. Ini semua tak terlepas dari peran Kepala Desa beserta perangkatnya serta Babinsa setempat, yang terus mengajak dan mengingatkan warganya akan kewajibannya dalam pembangunan.

Berbagai cara dilakukan oleh Babinsa dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi, salah satunya adalah melalui bermain egrang atau jangkungan.

Dibenarkan Babinsa, “Cara merangkul masyarakat haruslah fleksibel, dan terkadang kita harus ikut bergabung dalam kegiatan mereka, sekaligus sebagai hiburan,” ucapnya.

Senada dengan Mursidi, Serda Agus (36) anggota Satgas TMMD dari satuan Zipur-4 Tanpa Kawandya mengatakan, pekerjaan apapun jika dikerjakan dengan senang hati semua akan terasa ringan dan mudah, sehingga bermain egrang adalah salah satu cara baginya untuk menumbuhkan kembali semangat baru untuk melanjutkan pekerjaan.

Selain itu, permainan tradisional ini bisa mendekatkan anak dengan lingkungan sekitar dan tidak lagi sibuk dengan gadget atau  bermain game online, yang membuat mereka menjadi asosial dan kurang gerak fisik.

Permainan ini dapat melatih dan mengembangkan kemampuan otak kiri yang terbiasa berpikir kalkulatif, sedangkan otak kanan akan dipaksa untuk sabar dan ulet dalam melatih keseimbangan dan kesabaran. (hid/aan)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS