background img
BJB 2017
Album Perdana RINGGO, "Emotion," Semua LaguTentang Kisah Nyata Kami

Album Perdana RINGGO, "Emotion," Semua LaguTentang Kisah Nyata Kami

Jakarta,  -  lnilah lima anak muda yang dengan apa adanya, menyuarakan isi hatinya. Kadang mellow seperti orang yang sedang dimabuk cinta. Tapi sering tak pernah serius seperti layaknya anak-anak tongkrongan yang di kepalanya hanya ada party. party, dan party.

Mereka tahu bagaimana cara yang seru untuk having a good time, tapi di saat yang sama menertawai nasibnya yang aluab dengan patah hati.

Watch out for Nabil Pawaka (vokal), Rishad Marciano (gitar), Robert Matthew (has), Gege Adita (drum) daa Rbeia Michael (gitar). Meteka adalah Ringgo 5!

Lima pemuda dengan semangat berpesta yang luar biasa, menceritakan kisah hidupnya lewat sebuah album perdana berjudul Emotion, yang dirilis pada tanggal 30 September 2017, di Hard Rock Café
Jakarta.

Lewat hingar bingar musik P0P rock yang tapengaruh sound dan style dari band seperti All Time Low, 5 Second of Summer, sampai Blink-I82, album song-titled ini mereka persembahkan untuk para Party Crashers (sebum untnk penggemar Ringgo 5) yang sudah mengikuti mereka sejak merilis EP berjudul Tell Me pada 2016.

Album Emotion berisi 13 lagu bertemakan masalah-masalah khas anak muda begitu mereka mengistilahkannya yang dekat dengan kehidupan percintaan. Nama Emotion dipilih karena ini merupakan album yang sangat melibatkan emosi mereka. “Album kami ini menggambarkan percintaan remaja. teenage youth, dan semua yang berbau anak muda. Rata-rata semua lagu di album ini mencerita kan kisah nyata yang kami alami sendiri,” ujar Rhein, sang gitaris

Proses penciptaan lagu-lagu Ringgo 5 juga dibantu olelI Adis Putra yang ikut membantu sebagai music director dan prodmer. Adi: pernah menangani beberapa nama penyanyi seperti Ayu Ting Ting, Bastian. Citra Scholastika, Romaria. Angel Pieters dan JKT48.

Di dalam Emotion, kita bisa mendengar lagu yang dipilih menjadi single pertama, Promise, yang berkisah tentang putus cinta dalam suasana ballad yang sendu. Sebaliknya juga ada lagu putus cinta yang up beat dan menghentak di lagu Best Heartbreak.

Album ini cukup lama proses pengerjaannya karena terbentur kesibukan masing-masing personal sebagai mahasiswa. “Kami sepakat untuk mengutamakan kuliah terlebilI dahulu. Jadi proses pengerjaan album ini pun menyesuaikan dengan jadwal kuliah kami. Kami harus membagi waktu antara kuliah, recording dan latihan rutin,” tutur sang vokalis, Nabil.

Satu hal lagi yang membuat produksi album ini sampai satu setengah tahun adalah proses masteringnya yang dilakukan di Sterling Studio, New York, Amerika Serikat. Ringgo 5 memutuskan untuk memercayakan mastering kepada Ted Jensen yang sudah terkenal dalam membantu band-band seperti 5 Seconds of Summer, Blink-182 sampai Greenday.

“Proses approval dan lain-lain yang harus dilakukan dari jarak jauh itulah yang sangat menyita waktu,” kata Gege, si penggebuk drum. Tob, mereka puas dengan hasilnya, karena penggabungan ide mereka masing-masing terasa sekali di album ini.

Untuk pendistribusian abum, Ringgo 5 bekeija sama dengan label musik Demajors yang terkenal sering menangani artis dan band di luar arus utama (mainstream). Kebeladaan Nabil cs menjadi band professional di dunia biburan juga akan dibantu oleh Amity Asia, sebagai talent development agency yang sudah berpengalaman.

“Di (album) sini terasa basil dan' pencampuran selera genre dari kami masing-masing. Ada yang rock banget, ada pop-nya juga, rock akustik juga ada. Tapi kalau dijabarkan dalam satu genre, kami itu memainkan pop rock,” ujar Robert, bassist yang akrab dipanggil Obet.

Selain itu, Ringgo 5 juga memantapkan diri untuk bisa goes international mulai dari hal yang paling mendasar, yaitu menulis lirik lagu berbahasa Inggris. Ketigabelas lagu di album Emotion semuanya berbahasa Inggris, memang bukan untuk gaya-gayaan.

‘Sekang itu musik sudah masuk era online streaming, di mana semua orang di seluruh dunia bisa dengat karya kita. Nah, kami ingin semua orang bisa nikmatin lagu Ringgo 5. Makanya kami pakai lirik herbahasa lnggris. Tapi kalau mimpi saya pribadi, sill, ingin bisa tembus chart Billboard,” jelas Nabil antusias.

Album perdana ini pun akan menjadi sebuah persembahan bagi para Party Crashers yang sudah setia mengikuti mereka selama dua tahun. Tentunya ketika mereka barn beberapa kali tampil di panggung pensi sampai akhimya memiliki EP (mini album) berisi empat lagu di tahun 2016.

Karena dukungan Party Crashers yang dibangun via media sosial dan setiap panggung, Ringgo 5 pun perlahan mulai meraih atensi dari dunia hiburan.

Terbukti, perjalanan sebagai band pengisi acara pensi sekolah dan kampus sejak 2015 lalu, mulai merambah kc komunitas yang lebih beragam seperti mengisi gig di acara tribute to 5 Seconds of Summer (5808), Gloics Fest, sampai manggung di HaiDay 2017. Bahkan, di acaxa festival remaja itu, Ringgo 5 merilis single Fool 4 U, lagi-lagi hanya untuk para Party Crashers yang datang ke HaiDay.

“Tapi pengalaman main di depan ribuan orang akhimya kami rasakan juga pas manggung di Jakarta Fair. di Kemayoran Rasanya mh...ugh! Nggak ada yang ngalahin deh,” kenang Rishad alias Icad. Keberadaan band ini mulai tercium oleh tak hanya media yang rutin mengangkat tema musik, tapi juga sampai kc televisi nasional. Di tahun ini pula, Ringgo 5 masuk menjadi salah satu nominasi Breakthrough Artist of the Year versi NET. Not bad huh?

Nah, bukan tak mungkin, dengan amunisi baru bempa album perdana Emotion, Ringgo 5 bisa meraih prestasi baru yang bikin fansnya party-party dan party lagi.

Sesuai slogan yang kerap ditulis para penggemamya lewat spanduk dan bentangan karton di bibir panggung: No Ringgo, No Party! (rul)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL