Bantuan Kemanusiaan Sapa Masyarakat Prasejahtera di Pesisir Malaka

Bantuan Kemanusiaan Sapa Masyarakat Prasejahtera di Pesisir Malaka Ismet spn Puluhan bantuan kemanusiaan berupa peralatan ibadah diantarkan Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara kepada masyarakat prasejahtera di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Kamis (17/12).

KABUPATEN LANGKAT – Relawan Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara mengantarkan puluhan paket bantuan kemanusiaan berupa peralatan salat kepada warga di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Kamis (17/12). Paket itu dibagikan untuk masyarakat prasejahtera.

Koordinator Program ACT Sumatra Utara Sakti Wibowo menerangkan, sebagian besar masyarakat di Desa Jaring Halus mencari nafkah sebagai nelayan.

Akses mereka menuju ibu kota kabupaten untuk membeli perlengkapan ibadah pun cukup sulit. Butuh perjalanan selama 1,5 jam dari dermaga Tanjung Ibus menuju desa di pesisir Malaka itu.

 

“Puluhan paket yang dikemas dengan rapi, berisi sajadah, kain sarung, handuk, buku tuntunan salat,” kata Sakti.

 

Selain mengantarkan bantuan kemanusiaan, ACT Sumatra Utara juga berdiskusi dengan pemerintah desa terkait potensi dan kolaborasi kemanusiaan yang bisa dilakukan.

 

Desa Jaring Halus memiliki potensi kekayaan perairan yang berlimpah. Hasil laut yang banyak dijadikan tangkapan nelayan penduduk adalah udang, kerapu, dan kepiting. Penduduk makan dari hasil tangkapan ikan. Sebagian dijual dan sebagian untuk dijadikan konsumsi pribadi.

 

Tim dijamu oleh Kepala Desa Jaring Halus, H. Usman, beserta lima kepala dusun, siang itu. Setelah berkeliling desa, warga setempat membutuhkan air bersih. Sumur yang dibuat oleh pemerintah kabupaten belum mampu memenuhi kebutuhan 900 KK yang tinggal di wilayah lebih dari 33 hektare ini.

 

“Semoga hasil kunjungan tim ACT Sumut ini mampu memberikan informasi ke masyarakat di Sumatera Utara pada umumnya, mengenai kondisi kami di sini. Semoga banyak para donatur yang membantu kami, baik itu untuk membantu memenuhi fasilitas umum, ataupun untuk usaha kecil menengah dan bidang lainnya,” harap Usman.

 

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar