background img
bank bjb
Dinas Pertanian Purwakarta Kenalkan Produk White Tea

Dinas Pertanian Purwakarta Kenalkan Produk White Tea

PURWAKARTA, Petani teh di Kabupaten Purwakarta memproduksi teh siap komsumsi dengan berbagai varians berdasarkan jenis dan teknik pengolahan teh, salah satu jenis yang saat ini populer adalah white tea (teh Putih)

Kepala Dinas Pertanian Agus R Suherlan menyampaikan,white tea (teh putih ) berasal klon tanaman teh yang khusus. Dibudidayakan secara baik. di petik secara apik kemudian diproses secara cermat dan diracik serta di sajikan secara tepat akan diperoleh rasa yang mantap khasiatnya pun boleh dicoba.
White tea memang warnanya putih yang merupakan pucuk teh yg masih kuncup, kemudian pucuk teh ini diolah tidak melalui oksidasi polifenol sehingga white tea mengandung anti-oksidan tertinggi.

"Teh putih ini memetiknya harus sebelum matahari bersinar. Habis shalat subuh, pemetikan dilakukan paling setengah jam hingga 1 jam. Kalau sampai kena sinar matahari khasiatnya jadi beda," katanya,Jum'at (25/10/2019) diruang kerjanya.

Setelah dipetik, White Tea hanya diuap lalu dikeringkan dengan sangat singkat, tanpa proses fermentasi sama sekali, sebelum akhirnya diproses menjadi daun teh kering.

"Untuk dapat menikmati rasanya yang istimewa dan semua manfaat kesehatannya, white tea harus diproses dan disajikan dengan berkualitas juga," ucapnya.

Kita berharap produk white tea menjadi konsumsi masyarakat dan juga menjadi produk teh unggulan Purwakarta.

Menurut keterangan Bapak Apud (55 tahun) seorang petani teh dan pelaku usaha teh yang sejak kecil berada dilingkungan petani teh menjelaskan pengalamannya dari mulai bertani teh sampai kepada pengolahan teh putih ini betul betul memerlukan ketekunan kesabaran tersendiri dan Alhamdulillah saat sekarang sudah dapat dirasakan oleh penikmat teh.
Memang bukan hanya sekedar menjadi penyegar tapi mungkin memiliki khasiat secara khusus..
Kami memiliki kebun teh dikelola secara organik sehingga baik dalam pemupukan dan pemeliharaan tanaman penggunaan senyawa kimia sedapat mungkin kami hindari.

"White tea banyak mamfaatnya untuk kesehatan apa bila diminum rutin setiap hari,"ucapnya.

Untuk memperoleh khasiat dan rasa teh putih yang optimal,Apud menyampaikan Cara penyajian white tea sebagai berikut,
1. Masukan 2 sdt atau kurang lebih 20 helai white tea kedalam gelas
2. Seduh dengan air panas 80°c
3. Tunggu sampai 8-10 detik
4. Segera nikmati seduhan pertama white tea dg kandungan anti-oksidant terbaik.
5. White tea masih bisa diseduh dan dinikmati kembali

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4