background img
bank bjb 1
Santuy Rasanya Nongkrong di Kafe PosKo

Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo & Asep Ruslan Presiden Paguyuban Asep Dunia (Foto: Asep Ruslan)

Karya, Bisnis dan Sosial Prajurit TNI AD

Santuy Rasanya Nongkrong di Kafe PosKo

KOTA BANDUNG - What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet," kata William Shakespeare pujangga terbesar Inggris, yang artinya kurang lebih, “Apalah arti sebuah nama? Andaikata kita memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi.”

PosKo adalah nama sebuah Kafe yang berada di pusat Kota Bandung, tepatnya "PosKo, Coffee & Resto" di Jl. R.A.A. Marta Negara No.66, Kel. Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung. Sebuah Kafe berlokasi tak jauh dari Sesko AD & Sesko TNI, tempatnya sudah cukup populer di kota Bandung, nyaman, live musik dan santuy bisa meredakan stres sekaligus menyenangkan ketika ada banyak hal yang mengganggu pikiran Anda.

Kata PosKo atau Pos Komando, sebutan yang kental dengan istilah kemiliteran. Bukan hanya nama Kafe-nya saja yang berbau militer, namun menu-menu yang disajikan pun menggunakan istilah-istilah militer yang cukup unik.

Di buku menu terpampang beberapa istilah seperti Singkong Slim Kopassus, Bala-bala Infanteri, Tahu Crispy Komando, Lumpia Semarang Paskhas, Banana Cheese Navy, Ayam Goreng Kremes Tamtama,  Ayam Goreng Geprek Bintara, dan Ayam Goreng Rempah Perwira.

Tersedia meeting room yang nyaman (Foto: Asep Ruslan)

Selain menu yang sudah disebutkan tadi, Kafe dua lantai dengan mushola yang cukup luas ini, juga menyajikan menu-menu lainnya baik berupa minuman atau cemilan yang menggunakan istilah militer yang kreatif. Selidik punya selidik, ternyata sang pemilik PosKo adalah prajurit TNI AD aktif, Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo suami dari Widiyawati Setyaningrum yang mengurusi manajemen Kafe tersebut.

“Mungkin karena Kafe ini letaknya dekat dengan dua Sesko, yaitu Sesko AD & Sesko TNI. Istri saya terinspirasi untuk memberi nama PosKo. Nama yang yang mudah diucapkan, unik, singkat, semoga melekat diingatan setiap orang yang pernah berkunjung kemari,” kata Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo sambil tersenyum, Bandung (20/9/2020) malam.

Setelah sembilan tahun bertugas di Sentani Papua, seiring jabatan dan pendidikan yang dijalani, Mayjen Dwiyanto pindah tugas ke Cimahi, Palembang, Garut, Magelang dan Bandung bertugas di Sesko TNI sebelum sekarang pindah tugas di Mabes TNI Cilangkap Jakarta.

Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo & Widiyawati Setyaningrum saat kegiatan Baksos (Foto: Istimewa)

Bagi pasangan suami istri ini, PosKo bukan sekedar Kafe, Resto atau sarana penyaluran hobby istrinya yang suka berbisnis. Tapi lebih dari itu PosKo merupakan jalan bagi pasangan suami istri prajurit TNI AD ini untuk bisa berkarya dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan melalui kegiatan sosial.

PosKo berdiri 22 Desember 2018, dan dua bulan berikutnya atau tepatnya Februari 2019, langsung melaksanakan kegiatan pengajian dan berbagi nasi berkah. Kegiatan berbagi kepada masyarakat ini, tidak hanya dilaksanakan di PosKo, juga secara rutin melakukan kunjungan ke panti sosial dan jompo, lembaga pemasyarakatan, atau sekedar menghibur dengan mengajak wisata anak-anak PAUD dari beberapa sekolah di pedesaan yang serba kekurangan.

“Di sini kami rutin mengadakan pengajian tiap hari Selasa, Jumat berkah, dan Baksos. Tiap ada pengajian, PosKo ini dipadati jemaah yang datang dan tentunya wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan selalu jaga jarak. Kegiatan ini memberi kepuasan tersendiri bagi kami sekeluarga,” ungkapnya.

Kegiatan rutin Baksos di PosKo, Coffee & Resto (Foto: Istimewa)

“Selain mengadakan pengajian dan kegiatan sosial, PosKo juga merupakan sarana mengaktualisasikan kegiatan istrinya untuk eksis dalam kegiatan sosial dan berorganisasi. Tak kurang dari 10 organisasi/komunitas yang diikuti, menjadikan  PosKo sebagai Base Camp-nya seperti komunitas Lagu-lagu Lawas, Lion Dance, Bintang Terang, Terrano Community, dan komunitas lainnya,” pungkas Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo.

 

Alamat PosKo, Coffee & Resto

Jl. R.A.A. Marta Negara No.66, Kel. Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264. Buka 10.00 Wib, Telpon 0878-2297-8885.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah