background img
Leaderboard BJB 2018
Inovasi Desa untuk Kemajuan Kesejahteraan Warga

Inovasi Desa untuk Kemajuan Kesejahteraan Warga

MAJALENGKA, Sinar Pagi News - Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka menggelar acara Bursa Inovasi Desa Tahun 2018, di Gedung Islamic Center Majalengka, Rabu (21/11).

Acara yang dihadiri kepala desa se-Kab. Majalengka ini mengupas segala bentuk potensi yang ada. Sehingga nantinya masing-masing kepala desa bisa mendapatkan gambaran apa saja yang akan menjadi komitmen dan inovasi desa yang pada akhirnya dapat mendongkrak bebagai pembangunan ke depan.

Acara ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa yang terdiri dari tokoh masyarakat serta dinas terkait sesuai dengan rencana dan kebutuhan yang terdapat dalam inovasi desa tersebut.

Plt. Bupati Kab. Majalengka, DR. H. Karna Sobahi menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan, khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar serta infrastruktur desa.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. Dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepala desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majalengka, Dedi Rahmadi, S.Sos., MM menyebutkan Bursa Inovasi ini sendiri merupakan pameran atau pasar mengenai ide-ide yang inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa.

Sehingga menurutnya dengan adanya bursa inovasi ini bisa membangun ekonomi masyarakat kecil dan dana desa yang dikucurkan itu lebih bermanfaat dalam menciptakan keterampilan baru yang bisa dilakukan masyarakat desa.

“Bukan pameran barang, tapi ide-ide kreatif dalam pembangunan desa. Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi kita bisa mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi desa menjadi lebih baik,” terangnya..

Dengan demikian, tambah Dedi, diharapkan kepada kepala desa yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami proses bursa inovasi dan bisa melaksanakan dengan lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Enju Juarsa

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng