background img
bank bjb
Polemik Soal Cold Storage, Ini Klarifikasi DKP Pemkab Bateng

Terlihat kondisi nelayan Desa Kurau sedang melakukan bongkar ikan dan muat es batu dari Pangkalpinang

Polemik Soal Cold Storage, Ini Klarifikasi DKP Pemkab Bateng

Pangkalpinang Bangka Belitung sinarpaginews.com -- Penyerahan aset Badan Milik Negara atau BMN, merupakan amanah UU No 1 tahun 2004 mengenai perbendaharaan Negara serta Peraturan Pemerintah (PP ) nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan BMN. 

"Pencatatan dan pengelolaan BMN harus dilakukan dengan baik. Aset-aset yang dihibahkan akan memudahkan Pemerintah Daerah dalam pengelolaannya sehingga bisa segera dinikmati manfaatnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti dalam keterangan tertulis dikutip detikcom.

Sementara itu, dalam perkembangan selanjutnya dari kondisi terkini aset Cold Storage di Kurau Bangka Tengah pada minggu lalu. Membuahkan tanggapan, kali ini dari Kepala Dinas Perikanan Pemkab Bateng Dedy, melalui pesan elektronik yang diterima redaksi, Selasa (26/02/2019) kemarin.

Dedy mengkalrifikasi bahwa pembangunan Cold Storage itu dilakukan pada tahun 2018 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui dana APBN atas usulan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dengan mengambil lokasi Di Desa Kurau.

“Aset bangunan cold storage tersebut diserahkan kepada pemerintah kabupaten Bateng oleh KKP pada tanggal 24 Januari 2019 di kantor KKP. Bangunan tersebut memang dibangun di lahan pemerintah Provinsi Babel akan tetapi surat hibah lahan sudah dilayangkan kepada Gubernur Erzaldi Rosman, untuk proses penyerahan,” tulisnya.

Terkait dengan calon pengelola, lanjut Dedy, bahwa di Peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan aset pemerintah daerah diatur bahwa untuk menunjuk pengelola aset daerah harus dilakukan seleksi kepada calon pengelola dengan sebelumnya melakukan proses penilaian terhadap berapa nilai aset yang nantinya akan dikelola oleh pihak lainnya.

“Sambil menunggu penilaian yang dilakukan oleh institusi dalam hal ini yaitu Kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) Pangkalpinang, Pemerintah Kabupaten Bateng akan melakukan proses uji coba terhadap cold storage tersebut, sekaligus menghitung berapa biaya dasar operasional Cold storage sehingga perhitungan ini dapat dijadikan masukan tim penilai aset KPKNL Pangkalpinang dalam menentukan nilai yg akan dikerjasamakan,” tambahnya.

Ia juga mengharapkan agar cold storage yang dibangun untuk menjaga kestabilan harga ikan serta membantu masyarakat dalam menjaga kesegaran ikan dan penyediaan akses pangan terutama protein ikan dapat terwujud.

Sebelumnya, komentar Ketua Komisi I DPRD Bangka Belitung, Adet Mastur atas pembangunan cold storage yang belum maksimal berfungsi, sontak menuai reaksi berbagai pihak. Dimana saat diwawancara jurnalis, Ia mengingatkan bahwa adanya fasilitas pabrik es dan tempat pelelangan ikan (TPI) di kabupaten Bangka Tengah seharusnya bisa mengoptimalkan hasil tangkapan nelayan setempat.

“Semuanya tergantung kebijakan, baik Bupatinya, kepala dinasnya jadi jangan sampai disebut mubazir,” katanya, di Rabu 20/02 kemarin....( Lukman Hakim )

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS