background img
bank bjb
Pindah Ibu Kota dari Jakarta ke Luar Jawa

Pindah Ibu Kota dari Jakarta ke Luar Jawa

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hari Senin (29/4) memimpin rapat membahas rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke provinsi lain.
Jokowi mengatakan, gagasan pemindahan ibu kota telah muncul sejak era Presiden Soekarno. Tapi wacana tersebut kerap redup karena tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Situs Antara hari Senin (29/4) melaporkan, kepala negara Indonesia menjelaskan beberapa negara lain juga memindahkan pusat pemerintahannya antara lain Australia, Malaysia, Brasil, dan Korea Selatan. Meskipun demikian, Jokowi juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota memerlukan persiapan yang matang, persiapan yang detail, baik dari sisi pilihan lokasi yang tepat, termasuk dengan memperhatikan aspek geopolitik, geostrategis, kesiapan infrastruktur pendukungnya dan juga soal pembiayaannya.

Jokowi dalam rapat tebatas ini memutuskan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa dengan pertimbangan untuk pemerataan pembangunan nasional yang selama ini cenderung tersentralisasi di pulau Jawa.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyoroti wacana pemindahan ibu kota yang digulirkan pemerintah dari aspek kebencanaan dengan menyebut Kalimantan sebagai daerah paling potensial.

Kepala Pusat Data Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengakui bahwa wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan merupakan isu strategis. Dari kaca mata kebencanaan, Sutopo melihat bahwa wilayah Kalimantan memang minim ancaman kegempaan dibandingkan daerah lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S Brodjonegoro mengusulkan pembentukan badan otoritas khusus untuk mengurus pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke kota baru di luar Pulau Jawa supaya proses pemindahan berjalan lebih lancar dan cepat.

Bambang menjelaskan kajian kementerian menunjukkan pemindahan ibu kota setidaknya membutuhkan waktu sekitar 5-10 tahun. Estimasi ini merujuk pada pengalaman pemindahan ibu kota atau pusat pemerintahan di sejumlah negara di dunia, termasuk yang terbaru dilakukan Korea Selatan yang memindahkan pusat pemerintahannya dari Seoul ke Sejong. Pemerintah Korea Selatan sebenarnya sudah mengumumkan pemindahan ibu kota mulai 2012, tapi prosesnya belum selesai penuh sampai saat ini.

Mengenai biaya, Bambang menyebut, perkiraan mencapai Rp 466 triliun dengan luas lahan seluas 40.000 hektar. (Ant/PH)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS