background img
bank bjb
Jokowi Tegaskan Serius Pindahkan Ibu Kota

Jokowi Tegaskan Serius Pindahkan Ibu Kota

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan keseriusan pemerintah terkait rencana pemindahan ibu kota. Jokowi menyampaikan itu kepada para pimpinan lembaga negara saat berbuka puasa bersama, di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5/2019).

“Saya ingin menyinggung sedikit hal yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Kami serius dalam hal ini,” ungkap Jokowi seraya menyebut bahwa sudah ada kajian dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Wacana pemindahan, menurut Jokowi, telah dikaji secara ekonomi, sosial, politik, dan lingkungan. Jokowi juga menjelaskan, dipilihnya daerah di luar Pulau Jawa sebagai ibu kota baru. Menurut Jokowi, penduduk di Pulau Jawa demikian padat.

Kurang lebih 57 persen atau 149 juta orang penduduk Indonesia berada di Jawa. Jokowi menyatakan, pemerintah akan berkonsultasi dengan lembaga-lembaga negara. “Konsultasi tentu saja dengan lembaga negara yang terkait, baik dari sisi hukum maupun politiknya,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga menuturkan, posisi Jakarta berada dalam wilayah cincin api atau ring of fire. Tak hanya itu, Jakarta kerap dilanda banjir, termasuk kurangnya ketersediaan air bersih. “Pemindahan ibu kota ini akan segera kami putuskan,” ucap Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga bersyukur lancarnya pemungutan suara Pemilu 2019. “Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena pileg dan pilpres pemilu 17 April 2019 lalu berjalan dengan baik, berjalan dengan lancar,” kata Jokowi.

Turut hadir di antaranya yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Muhaimin Iskandar.

Berikutnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Wakil Ketua DPD Ahmad Muqowam, termasuk beberapa jajaran menteri Kabinet Kerja seperti Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani.

Selanjutnya, Mensesneg Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hasimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. “Saya menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa di tahun 2019 ini,” kata Jokowi.(SP)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS