background img
bank bjb
Presiden Jokowi: Rakyat Indonesia Berkabung

Presiden Jokowi: Rakyat Indonesia Berkabung

Jakarta,– Rakyat Indonesia berkabung atas meninggalnya Istri Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kristiani Herawati Binti Sarwo Edhie Wibowo (Ani Yudhoyono). Demikian diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada upacara pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dengan penuh rasa duka cita yang sangat dalam, pada hari ini kita semua segenap rakyat Indonesia, berkabung atas wafatnya Ibu Negara Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Hj Kristiani Herawati Yudhoyono,” kata Jokowi.

Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Pemakaman Ani Yudhoyono diantaranya dihadiri Presiden Ketiga RI BJ Habibie, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Keenam Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Istri Presiden Ketiga RI Abdurrahmah Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah, pimpinan lembaga negara, dan menteri-menteri Kabinet Kerja.

“Beliau (Ani Yudhoyono) meninggalkan kita semua pada bulan Ramadan. Bulan yang sangat baik. Bulan diturunkannya Alquran. Bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan penuh rahmat. Beliau meninggalkan kita semua pada hari-hari lailatulkadar. Semoga khusnul khotimah,” ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan, bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh Indonesia terbaik. Seorang Ibu Negara yang penuh kasih sayang. Pejuang kemanusiaan yang tulus. Ibu dari sebuah keluarga panutan yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan.

“Kita hadir di sini di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir kepada beliau. Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa, darma bakti serta pengabdian almarhumah kepada negara, bangsa semasa hidupnya,” ucap Jokowi.

Jokowi mengungkap, seluruh masyarakat mengetahui bahwa Ani Yudhoyono sepanjang hayatnya mengabdi demi kepentingan bangsa dan negara. Ani Yudhoyono juga istri yang sangat setia dalam suka dan duka mendampingi SBY.

“Melewati hari-hari yang tidak mudah dari Presiden Keenam RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono membangun bangsa dan negara yang kita cintai. Ibu Hj Kristiani Herawati Yudhoyono sepanjang hayat mendedikasikan hidup kepada nilai-nilai kemanusiaan,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, Ani Yudhoyono aktif dalam memberantas buta huruf. Mengembangkan kerajinan nasional. Memberdayakan kesejahteraan keluarga, terutama kaum perempuan dan anak-anak. Tak hanya itu, lanjut Jokowi, Ani Yudhoyono juga memberikan pelayanan kesehatan.

Selaini tu juga pelestarian lingkungan hidup, budaya dan meningkatkan rasa kepedulian masyarakat di daerah bencana, konflik, dan perbatasan. “Atas jasa dan pengabdiannya yang besar pada bangsa dan negara, pemerintah RI pada tahun 2011 menganugerahkan bintang Mahaputera Adi Pradana kepada almarhumah,” ungkap Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas darma bakti Ani Yudhoyono. Jokowi pun berharap bangsa Indonesia mendoakan Ani Yudhoyono.

“Semoga almarhumah diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan semoga khusnul khotimah sesuai dengan amal ibadah perjuangan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara,” demikian Jokowi.

Jokowi pun menyebut, “Kepada keluarga almarhumah yang ditinggalkan, Presiden Keenam RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga, semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran serta menerima kepergian almarhumah dengan ikhlas dan tawakal.”

Jokowi berharap Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan menerima ibadah, dan mengampuni segala kekhilafan serta kesalahan Ani Yudhoyono. “Flamboyan telah pergi, namun akan tetap hidup di hati kita semuanya rakyat Indonesia yang mencintainya,” tutup Jokowi.(SP)



Berita Terkait
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS