background img
bank bjb
Bapenda PPPD Wilayah Kota Sukabumi Gelar Operasi Terpadu Tertib Kendaraan Bermotor

Bapenda PPPD Wilayah Kota Sukabumi Gelar Operasi Terpadu Tertib Kendaraan Bermotor

Sukabumi-- Badan pendapatan daerah (Bapenda)  Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Sukabumi kembali melaksanakan operasi terpadu tertib kendaraan bermotor selama tiga hari dari 11 hingga 13 Juni 2019 yang dilaksanakan ditiga titik tempat berbeda, diantaranya kegiatan pertama dilaksanakan di Jalan RA Kosasih Ciandam depan Giant supermarket selanjutnya hari kedua dilaksanakan di jalan Otista tepatnya di depan Happy Puppy, sementara hari ketiga yakni pada  kamis tanggal 13 Juni 2019 digelar di Jalan A. Yani depan TMC Satlantas Polresta Sukabumi.

Operasi terpadu tertib kendaraan bermotor yang dilaksanakan dengan melibatkan, Satuan Polisi Lalu lintas Polresta Sukabumi Kota, Polisi  Militer, Sub Denpom III /1-2 Sukabumi, serta Dinas Perhubungan Kota Sukabumi tersebut berhasil menjaring ratusan kendaraan roda dua dan empat, dengan berbagai pelanggaran yang berbeda dari mulai kendaraan yang telat mendaftar ulang, kelengkapan surat-surat kendaraan/STNK dan SIM, pengendara roda dua baik pengemudi atau yang menumpang tidak mengenakan Helm hingga penyitaan unit kendaraan roda dua dan empat yang tidak dilengkapi dengan Surat-surat.  

Dadi Sukmarochadian Bendahara Pengeluaran Samsat Kota Sukabumi, dilokasi kegiatan berlangsung, Rabu 13 Juni 2019 di Jalan A. Yani Kota Sukabumi, Kepada Sinar Pagi News menjelaskan.

"Dalam kegiatan razia pasca lebaran 1440 Hijriyah ini dilaksanakan selama tiga hari di mulai dari selasa 11 Juni dengan titik lokasi kegiatan di Jalan RA Kosasih depan Giant Supermarket selanjutnya Rabu 12 Juni di jalan Otista depan Happy Puppy serta Hari kamis 13 Juni 2019 dilaksanakan di Jalan A. Yani Kota Sukabumi, depan TMC Satuan Lalu lintas Polresta Sukabumi", jelasnya.

Jelasnya lagi, "Sejauh ini razia gabungan rutin Bapenda yang di gelar setiap 3 bulan sekali, untuk hasilnya tercatat relatif hampir sama, namun pasca lebaran tahun 2019 ini, terlihat hasilnya cenderung meningkat, sebab dari beberapa ratus kendaraan yang terjaring selama operasi berlangsung, dari mulai hari pertama hingga hari ketiga tercatat ratusan wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak kendaraannya di area Kegiatan razia berlangsung, yang dibayarkan oleh wajib pajak melalui kendaraan samsat keliling yang sudah di siapkan di area kegiatan operasi terpadu ini.  

Lanjut Dadi, "di hari pertama saja ada sekira seratus wajib pajak yang membayar ditempat dan sisanya masuk ranah tilang selanjutnya hari kedua, dari 300 kendaraan yang diberhentikan lebih kurang sekira 60 kendaraan juga melakukan pembayaran pajak di tempat.

Tujuan di laksanakannya operasi terpadu tertib kendaraan bermotor, kata Dadi "inti dari kegiatan ini yakni untuk menekan angka kendaraan tidak melakukan daftar ulang, disisi lain melalui kegiatan operasi gabungan, setidaknya, ini merupakan upaya Bapenda untuk terus mengingatkan kepada wajib pajak yang lalai/mengabaikan pajak tahunan kendaraannya.

Selain itu kata Dadi lagi, melalui Sharing antara Dispenda Provinsi Jawa Barat dengan pemerintah Kota Sukabumi diharapkan dapat meningkatkan PAD Kota Sukabumi.

"mudah-mudahan dari berbagai program yang Bapenda laksanakan termasuk Operasi terpadu yang berlangsung saat ini, dapat menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya untuk taat dan tepat waktu dalam melakukan pembayaran pajak kendaraannya, yang mana hasil dari pembayaran pajak kendaraan tersebut manfaatnya juga akan di kembalikan kepada masyarakat itu sendiri", tutur Dadi

Diharapkannya lagi "mudah-mudahan pendapatan yang sudah ditargetkan dari sektor PKB ini bisa jauh lebih meningkat lagi", tutupnya.

Sementara Inspektur Polisi Satu (IPTU) Sujana KBO Satlantas Polresta Sukabumi, mengatakan.
"melalui kegiatan operasi gabungan ini diharapkan dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, yang mana para pengguna kendaraan roda dua empat dan lebih semakin tertib dalam berlalu lintas imbuhnya.

Dari tiga titik kegiatan operasi terpadu tertib kendaraan bermotor yang berlangsung selama tiga hari ini, pelanggaran lalu lintas didominasi oleh kendaraan roda dua, dari mulai kelengkapan surat-surat STNK dan SIM, serta pengendara atau yang menumpangnya tidak mengenakan Helm, jelasnya

Tercatat, kata Sujana lagi, "di hari terakhir saja jumlah pelanggaran lalu lintas ada sekira 120 pelanggar dengan Barang bukti yang diamankan yakni  31 buah SIM, 80  STNK, dan Kendaraan Roda 4 sebanyak 3 unit serta Roda 2 sebanyak 6 Unit, pungkasnya.

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4