background img
bank bjb
Gelar Pasukan, Upaya Menjamin Pilkades Serentak Aman dan Damai

Gelar Pasukan, Upaya Menjamin Pilkades Serentak Aman dan Damai

BREBES, - Untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Brebes yang aman, damai dan kondusif, Polres Brebes menggelar Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades serentak tahap I di halaman Mapolres Brebes, Sabtu (15/6).
Apel Gelar Pasukan dipimpin bersama oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono serta Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri.

Di Apel tersebut, Dandim 0713/Brebes membacakan sambutan Kapolres Brebes. Kapolres menyampaikan bahwa Apel pergeseran pasukan bertujuan untuk melakukan pengecekan pasukan dan mengecek kesiapsiagaan anggota dalam pengamanan pada pemungutan suara pilkades serentak tahap I, Minggu 16 Juni besok.

“Pilkades yang dilaksanakan di 148 desa dari 17 kecamatan, memerlukan pengamanan yang cukup ekstra serta membutuhkan banyak personel pengamanan,” kata Aris.
Menurut Aris, dalam pengamanan harus bersinergi dengan instansi terkait agar pilkades terlaksana dengan baik. Perlu diketahui bahwa tahapan pilkades serentak terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian.

“Perlu kita sikapi dengan profesional baik itu TNI, Polri, Linmas dan instansi terkait. Artinya, harus benar-benar mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, pahami tugas dan tanggungjawab, pahami lingkungan tempat tugas rekan-rekan serta pelajari dinamika sosial yang ada,” terang Aris.
Adapun hal yang perlu perhatikan, lanjut Aris, pertama kenali wilayah tugas dan laksanakan tanggungjawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam pelaksanaan tugas.

Kedua, kuasai cara bertindak baik secara teknis dan taktis serta selalu bersinergi dengan TNI, Linmas, panitia pemilihan kepala desa, dan mitra pengamanan lainnya. Ketiga koordinasi dan kerja sama yang baik serta bangun komunikasi yang harmonis antar unsur pengamanan di lapangan, sehingga mampu mewujudkan team work yang solid dan dapat mencapai hasil kinerja yang optimal.

Keempat, persiapkan secara cermat berbagai kelengkapan pendukung tugas, baik perorangan maupun kesatuan. Kelima, hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik, arogan dan sewenang-wenang, serta pegang teguh komitmen netralitas.
“Sehingga dapat berdiri di atas semua golongan tanpa memihak,” tegas Aris.

Keenam, kepada seluruh kapolsek dan perwira pengendali agar senantiasa memberikan apa yang jelas tentang tupoksi sehingga pelaksanaan tugas pengamanan dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Ketujuh, himbau warga masyarakat, bahwa pilkades yang diselenggarakan ini merupakan alat bukan tujuan, untuk itu perlu kesadaran bersama bahwa untuk mencapai tujuan yang di cita-citakan perlu proses yang baik sehingga diharapkan hasilnya pun akan membawa kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Terakhir, Aris berpesan, laksanakan tugas pengamanan ini sebagai amanah dan ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa, dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.
Aris juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut berpatisipasi dalam pelaksanaan pengamanan pilkades.

“Semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh keiklasan, akan menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan yang Maha Esa,” pungkas Aris.
Hadir dalam apel, jajaran Forkopimda, Muspika, serta rekan-rekan TNI, Polisi dan Linmas yang akan diterjunkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4