background img
bank bjb
Idza : Brebes Makmur dan Religius Maka Banyak Yang Haji

Idza : Brebes Makmur dan Religius Maka Banyak Yang Haji

BREBES, - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengaku bangga dengan tingginya minat masyarakat Kabupaten Brebes yang beribadah haji. Terbukti, setiap tahun kuota yang diterima Brebes lebih dari 1000 orang. Para pendaftar pun terus berdatangan di Kantor Kementerian Agama agar mendapatkan kesempatan ibadah ke tanah suci.

“Setiap tahun selalu bertambah, calon haji dari Kabupaten Brebes. Untuk tahun ini saja ada 1060 Calhaj yang bakal berangkat di musim haji 2019,” ungkap Bupati saat sambutan halal bihalal Keluarga Besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Tanjung di Gedung Haji Tanjung Jalan RA Kartini Tanjung, Brebes. Minggu (23/6).

Dengan latar belakang profesi bermacam-macam menandakan kalau masyarakat Brebes hidup dalam kemakmuran dan religius. Patut kita syukuri dengan kesemangatan menunaikan rukun Islam kelima ini.
Pemerintah Kabupaten Brebes, lanjut Idza, berupaya memberikan layanan  maksimal kepada Calhaj Brebes. Termasuk juga membuka Kantor Keimigrasian di Brebes dalam rangka mendekatkan pembuatan pasport kepada para calon haji.

Rasa syukur itu, kata Idza, juga bisa diwujudkan dengan program produktif dan ekonomi kreatif yang memberikan kemaslahatan umat. Program yang bermanfaat ini, tentunya sangat ditunggu umat.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati sekaligus meresmikan pembangunan Gedung Haji Kecamatan Tanjung yang terletak di Jalan RA Kartin, Ketos, Tanjung.

Ketua IPHI Kec Tanjung H Supriyanto menjelaskan, pembangunan gedung Haji atas prakarsa dan swadaya anggota IPHI yang berjumlah sekitar 600 anggota. Gedung yang belum 100 persen jadi itu, sudah menelan anggaran Rp 1 Miliar.
“Gedung ini, nantinya untuk sekretariat IPHI dan kegiatan lainnya yang positif. Bagi Anggota IPHI, bila menggunakan bangunan ini  tidak ditarik biaya,” ujar Supriyono.

Gedung dua lantai tersebut, berdiri diatas tanah seluas 18 X 40 meter persegi antara lain untuk terdapat ruang pengurus, aula, Mushola, kamar kecil dan lain-lain. Supriyono juga secara simbolis membagikan santunan dari Anggota IPHI kepada para anak yatim senilai Rp 7 juta.
Ketua Pengurus Daerah IPHI Kab Brebes H Athoillah Syatori turut senang dengan bertambahnya gedung IPHI ditingkat Kecamatan. “Gedung ini merupakan yang kedua setelah Kecamatan Kersana. Mudah-mudahan kecamatan yang lain mengikuti jejak positif IPHI Kersana dan Tanjung,” harapnya.
Kiai Athoillah menekankan agar kegiatan IPHI lebih banyak yang bernilai untuk kepentingan umat . Bernilai sosial dan ekonomi serta multi fungsi sehingga umat bisa ikut merasakannya.

Selain itu, IPHI jangan hanya mengurusi persoalan haji saja, tapi juga membantu pemerintah yang menyangkut kemaslahatan umat, terutama dalam pengentasan kemiskinan. Dengan demikian, pemrintah akan lebih ringan dalam menanggulangi kemiskinan.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Brebes Waidin, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Khozanah, dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemrintahan dan Kesra Masfuri, Kepala DPU Brebes H Syatibi dan undangan lainnya. (Wasdiun)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4