background img
bank bjb
Bupati Garut Pimpin Upacara HUT Bhayangkara Ke 73

Bupati Garut Pimpin Upacara HUT Bhayangkara Ke 73

BANDUNG, -- Polres Garut menggelar upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke–73 Tahun 2019 yang dipusatkan di lapangan kecamatan Bayongbong, kabupaten Garut, Rabu (10/07/2019).

Dalam kegiatan tersebut sebagai Inspektur upacara (Irup) Bupati Garut H Rudy Gunawan dengan Komandan Upacara Kapolsek Bungbulang AKP Alit Kadarusman.

Hadir dalam upacara tersebut, Danrem 062/TRN Kol. Inf Parwito, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, Dandim 0611 Letkol. Inf Asyraf Aziz, Kepala BPN Garut H Hayu Susilo serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Presiden RI H Joko Widodo yang dibacakan Irup Bupati Garut menyampaikan, HUT Bhayangkara ke 73 kali ini bertemakan ”Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa dan Negara” kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan hari raya Idul Fitri 1440 H.

Selanjutnya, dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kineq‘a lnstansi Pemerinmh dan lndeks Reformasi Birokrasi Poln’ mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zone lntegritas. yang terdiri dan’ 64 Satker dengan predikat VWayah Bebas dan’ Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wllayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

Sementara dari segi keamanan sambungnya,Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita. Berbagai kejahatan lintas negara, seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional. Kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti tindak pidana korupsi, illegal fishing, illegal mining, dan illegal logging, harus diberantas demi melindungi bangsa ini.

"Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namu sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks” demikian cuplikan amanat Presiden RI yang dibacakan Irup Bupati Garut.

Ditambahkan Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, sinergitas antara Polri dan Pemkab Garut selama ini terjalin dengan baik.

”Dengan tupoksi masing – masing, sinergitas Polres Garut dan Pemkab Garut berjalan dengan baik mulai dari desa dengan tiga pilarnya, Polsek, Koramil dan Camat serta Polres, Kodim dan Pemkab Garut," ungkap Rudy Gunawan.

Usai melaksanakan kegiatan upacara HUT Bhayangkara ke 73, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna berkenan mengunjungi Masjid Jami Al Ikhlas yang berlokasi di belakang kantor kecamatan Bayongbong kabupaten Garut.

Dalam kesempatan itu Kapolres Garut menyerahkan bantuan bahan material untuk pembangunan Masjid Jami Al Ikhlas yang diterima langsung oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Disampaikan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna , bantuan ini diserahkan untuk membantu pembangunan Masjid yang saat ini sedang dilaksanakan oleh DKM Masjid Jami Al Ikhlas kecamatan Bayongbong.

Meski tidak terlalu besar, harapan bantuan ini bisa membantu dalam pembangunan Masjid Jami Al Ikhlas ini," ucap Kapolres Garut.

Dikatakan Kapolres Budi, bantuan ini merupakan sumbangsih Polres Garut dalam rangkaian hari Bhayangkara ke 73.

”Ini sudah menjadi niat kami Polres Garut untuk memberikan bantuan sumbangan bahan material ke Masjid Al Ikhlas dalam rangkaian hari Bhayangkara ke 73," terangnya.

Sementara itu Bupati Garut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Polres Garut dalam membantu pembangunan Masjid Jami Al Ikhlas Bayongbong ini.

”Sebelumnya Pemkab Garut juga telah menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid ini, dukungan warga masyarakat juga diharapkan dapat membantu agar pembangunan Masjid ini cepat selesai," pungkasnya.(spn/grt).

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4