background img
bank bjb
Orang Yang Berjasa Dalam Lingkungan Hidup, Edukasi Dan Mitigasi Bencana

Mbah Sadiman Penerima Reksa Utama Anindha yang diserahkan oleh Doni Monardo (Dok. BNPB/Asep Ruslan)

BNPB Berikan Penghargaan

Orang Yang Berjasa Dalam Lingkungan Hidup, Edukasi Dan Mitigasi Bencana

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan penghargaan kepada tiga orang yang dinilai memiliki kontribusi dalam lingkup pelestarian lingkungan hidup, edukasi, serta mitigasi bencana.

“Usai peresmian ruang serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada tiga orang yang dinilai memiliki kontribusi dalam lingkup pelestarian lingkungan hidup, edukasi, serta mitigasi bencana,” ujar Agus Wibowo Plh. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan resminya yang diterima Sinarpaginews.com, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Ketiga orang penerima penghargaan tersebut adalah Sutopo Purwo Nugroho yang menerima penghargaan “Pengabdian Insan Kemanusiaan” atau Dharma Widya Argya, Mbah Sadiman penerima Reksa Utama Anindha atau "penjaga bumi yang penuh kebijakan"dan Ahmad Arif penerima penghargaan Citra Dharma Bhakti atau "Insan dengan Pengabdian dalam bidang jurnalistik."

Sutopo Purwo Nugroho yang mendapatkan Penghargaan Pengabdian Insan Kemanusiaan Dharma Widya Argya. Penghargaan diberikan untuk mengenang Sutopo sebagai sosok pahlawan kemanusiaan yang turut membesarkan nama BNPB. Selain itu, pemberian penghargaan khusus ini juga merupakan refleksi atas dedikasi Sutopo dalam penanggulangan bencana.

Penghargaan kedua diberikan kepada Mbah Sadiman (63 th) yang menerima penghargaan Reksa Utama Anindha atau "penjaga bumi yang penuh kebijakan". Sejak 1996, Sadiman yang berasal dari Dusun Dali, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah, itu dianggap sukses menghijaukan perbukitan tandus seorang diri.

"Dulu saya dianggap gila. Ketika yang lain menanam tanaman pangan, saya malah menanam pohon beringin. Tapi sekarang apa yang saya tanam itu bisa menghasilkan air untuk warga dan udara menjadi sejuk," kata Sadiman.

Penghargaan ketiga, Citra Dharma Bhakti atau "Insan dengan Pengabdian dalam bidang jurnalistik," diberikan kepada jurnalis Harian Kompas, Ahmad Arif. Penghargaan ini diberikan atas karya Arif yang berhubungan dengan kebencanaan. Arif yang berprofesi menjadi jurnalis sejak 16 tahun tersebut mulai menuli pengetahuan mengenai kebencanaan sejak ditugaskan meliput tsunami Aceh tahun 2004.

 

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS