background img
bank bjb
UPT Puskesmas Panyileukan Peringati Pekan ASI Sedunia

Peringatan Pekan ASI Sedunia 2019 di UPT Puskesmas Panyileukan kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

World Breastfeeding Week 2019

UPT Puskesmas Panyileukan Peringati Pekan ASI Sedunia

BANDUNG - Pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi mencetuskan diperingatinya Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW), yang merupakan salah satu momen penting dalam meningkatkan kepedulian dan kesadaran  pemerintah maupun masyarakat terhadap pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada anak sejak lahir sampai berusia 2 tahun, serta memberikan dukungan kepada ibu dalam mencapai keberhasilan menyusui bayinya.

Diawali dengan Deklarasi Innocenti pada tahun 1990 di Florence, Italia, diamanatkan mengenai pentingnya kampanye Air Susu Ibu (ASI) sebagai bagian dari upaya perlindungan, promosi dan dukungan menyusui. Oleh karena itu. setiap minggu pertama bulan Agustus (1-7 Agustus) diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Untuk peringatan Pekan ASI Sedunia dilaksanakan serentak selama seminggu di seluruh dunia.

Gunting pita peresmian ruang Pojok ASI oleh Camat Panyileukan H. Hamdani dan Danramil Ujungberung Yuyus di Puskesmas Panyileukan (Foto: Asep Ruslan)

Dinas Kesehatan Kota Bandung melalui UPT Puskesmas Panyileukan yang terletak di Perumahan Bumi Panyileukan Jalan Raya Panyileukan Blok A4, kelurahan Cipadung Kidul kecamatan Panyileukan, turut serta memperingati Pekan ASI Sedunia tahun 2019 mengusung tema Glogal ”Empower Parents, Enable Breastfeeding” atau ”memberdayakan orang tua, mengaktifkan menyusui”. Tema Nasional “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui” dengan Slogan “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui”.

Kepala UPT Puskesmas Panyileukan drg. Erna Kurniati kepada Sinarpaginews.com mengatakan.

“Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia tahun 2019 di Puskesmas Panyileukan diisi dengan rangkaian kegiatan penyuluhan ASI Eksklusif di dalam dan diluar gedung Puskesmas Panyileukan melalui kemitraan lintas program dan lintas sektor dari tanggal 1 - 7 Agustus 2019. Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia 2019 ini tidak hanya terbatas sepekan, tetapi dilaksanakan sampai dengan akhir tahun 2019”, ujar Erna di acara pekan ASI Sedunia 2019 di Puskesmas Panyileukan Bandung, Rabu (7/8/2019).

Selanjutnya kata Erna, hari ini Rabu (7/8/2019) adalah puncak acara Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia 2019 yang dilaksanakan dalam bentuk Seminar dan Lomba Testimoni Ibu ASI Eklusif dengan peserta sebanyak 14 orang perwakilan dari 14 RW se wilayah kerja Puskesmas Panyileukan.

Peserta Lomba Testimoni Ibu ASI Eklusif 2019 di Puskesmas Panyileukan (Foto: Asep Ruslan)

“Seminar dihadiri oleh lintas sektor terkait, dunia usaha, unsur pendidikan, kader Kesehatan se wilayah kerja Puskesmas Panyileukan dan donatur”, tambahnya.

“Seminar menghadirkan narasumber dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) daerah Jawa Barat dengan output : 1). Meningkatkan pengetahuan tentang ASI bagi masyarakat dan 2). Peningkatan jumlah ibu melaksanakan IMD dan ASI Eksklusif”, harapan Erna. 

Puncak acara Pekan ASI Sedunia 2019 ini dibuka oleh Camat Panyileukan Drs. H. Hamdani, MM yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa di setiap instansi harus disediakan ruang Laktasi karena kalau tidak ada ruang laktasi berarti nilai pelayanannya kurang. Kecamatan Panyileukan mendukung ASI Ekslusif ini, makanya di kantor Kecamatan Panyileukan tersedia Ruang Laktasi.

Pada kegiatan tersebut hadir pula Danramil Ujungberung Mayor Inf. Yuyus, Lurah Cipadung Kidul H. Bahrudin, perwakilan Pokja 4 TPP PKK Kota Bandung, perwakilan DKK Seksi Kesga dan Promkes, perwakilan Persit Koramil 1811 Ujungberung, perwakilan Bhayangkari Polsek Panyileukan, Ketua TP PKK Kelurahan Cipadung Kidul Tati Rohaeti dan Perwakilan RW. 07 Kusmara.

Para juara pemenang lomba Testimoni Ibu ASI Ekslusif 2019 (Foto: Asep Ruslan)

Pemenang lomba Testimoni Ibu ASI Ekslusif Juara 1 perwakilan RW.07 ibu Elsa Dikeu, anak Azriel Dirgantara; Juara 2 perwakilan RW.03 ibu Putri, anak Jendra Pramudya dan Juara 3 perwakilan RW.12 ibu Elis Parliah, anak Almeera.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4