background img
bank bjb
Antusiasme Masyarakat Jayapura Saksikan Latihan PPRC TNI tahun 2019

Antusiasme Masyarakat Jayapura Saksikan Latihan PPRC TNI tahun 2019

WAMENA, -- Masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Jayapura sangat antusias menyaksikan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2019 yang digelar di Papua, khusunya Jayapura dan Wamena yang dilaksanakan secara bersamaan, Rabu (4/9/2019).

Antusiasme warga masyarakat terlihat dengan hadirnya para tokoh adat, tokoh masyarakat, pelajar dan masyarakat umum yang berada disekitar Lanud Silas Papare Sentani, Jayapura, Papua. Tampak ratusan warga memadati Baseops Lanud Silas Papare yang menjadi tempat latihan penerjunan tentara langit yang berasal dari Batalyon Infantri (Yonif) 501 Para Raider Divisi 2 Kostrad yang dipimpin langsung oleh Danyon 501 Bajra Yudha Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setiawan.

Sebagian besar masyarakat sangat kagum setelah menyaksikan satu persatu prajurit TNI meloncat keluar dari pesawat dan membuka parasut yang dipakainya, kemudian mengembangkan sebelum mendarat.  Untuk dapat melakukan penerjunan dengan sempurna, para peterjun dipandu oleh Tim Kendali Depan Operasi Linud (KDOL) dari Paskhas yang dipimpin oleh Dantim KDOL Mayor Paskhas Jhon Siregar.

Salah seorang warga yang turut menyaksikan Latihan PPRC TNI tahun 2019 mengatakan sangat bangga dan kagum akan kehebatan TNI dalam melaksanakan latihan tersebut. “Bagi kami warga masyarakat sangat bangga dengan adanya latihan PPRC yang dilaksanakan di Jayapura, karena dengan latihan ini TNI telah menunjukkan kepada masyarakat khusunya Jayapura bahwa TNI sangat professional, sehingga dapat memberikan rasa aman dan mengayomi masyarakat pasca terjadinya demontrasi beberapa hari lalu yang berujung anarkis dan rusuh,” ungkapnya.

Menurutnya, TNI sangat dibutuhkan kehadiranya di Jayapura untuk dapat membuat masyarakat merasa aman dan kami berharap dalam waktu dekat setelah kehadiran TNI dan Polri di tanah Papua kondisi keamanan segera pulih seperti semula. “Kami sangat bangga kepada TNI dan Polri, karena itu NKRI harga mati,” katanya.

Sementara itu, Drs Tajuddin salah satu tokoh masyarakat yang berasal dari kerukunan keluarga Sulawesi yang telah menetap di Jayapura sejak tahun 1970 mengemukakan bahwa  kehadiran TNI sangat-sangat dubutuhkan untuk membuat kondisi masyarakat di Jayapura kembali kondusif. “Pasca demontrasi yang  terjadi beberapa hari lalu, TNI dan Polri telah menunjukan kepada kita semua sebagai warga masyarakat Jayapura  bahwa TNI  mampu melindungi, mengayomi  dan  memberikan rasa aman bagi masyarakat Papua baik warga pendatang maupun masyarakat setempat,” ungkapnya.

Menurut Tajuddin, dengan Latihan PPRC TNI dapat meningkatkan kemampuan TNI dalam melaksanakan tugasanya terutama dalam memberikan rasa aman bagi warga masyarakat. “Dengan adanya latihan ini juga masyarakat smakin bangga kepada TNI karena telah menunjukan latihan terjun payung dengan sangat profesional,” katanya.

Latihan PPRC TNI tahun 2019 yang dilaksanakan di Jayapura dan Wamena tersebut disaksikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Prof H.M. Tito Karnavian yang didampingi oleh para Pejabat Teras Mabes TNI, Mabes Angkatan dan Mabes Polri.

 

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4