background img
bank bjb
Wali Kota Bandung  menyambut baik silaturahmi antara Pemerintah Pusat dengan daerah

Wali Kota Bandung menyambut baik silaturahmi antara Pemerintah Pusat dengan daerah

BANDUNG, -- Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyambut baik silaturahmi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Baginya, pertemuan antar pemerintah akan menjadi ajang saling berbagi informasi dalam mencari solusi dari permasalahan yang terjadi khususnya di daerah.

Oded melontarkan itu usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) 2019 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Rabu (13/11/2019).

"Saya menyambut baik digelarnya Rakornas ini. Di sini hadir seluruh kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tidak hanya itu, Forkopimda juga ada. Di sini kita mendapatkan banyak informasi dari para narasumber dalam upaya percepatan pembangunan," ujarnya.

Ia mengaku, mendapatkan banyak ilmu dan arahan skala prioritas dari Presiden RI, Joko Widodo. Termasuk dari pemaparan para menteri dan kepala lembaga yang menjadi narasumber.

“Kita diberikan arahan skala prioritas oleh presiden.. Presiden secara langsung memberikan arahan kepada kami. Visi dan misinya bisa dengan jelas didengar oleh para kepala daerah. Hal ini dapat menjadi sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah," tuturnya.

Oded berharap, seluruh perangkat yang di pusat, daerah dan Forkopimda dapat bersinergi bahu membahu dalam membangun daerahnya ke arah yang lebih baik.

Seperti diketahui, rakor tersebut dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo. Saat memberikan sambutan, Jokowi menyebut,  pertemuan ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur pemerintah baik pusat maupun daerah. Sehingga ada berkesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengelola negara.

"Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain," kata Jokowi.

Baginya, pertemuan ini merupakan ide cemerlang dan sangat dibutuhkan khususnya dalam hal penyamaan visi pembangunan. Sehingga pemerintah pusat dan daerah bisa sejalan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

“Lima visi pembangunan yang sudah menjadi komitmen harus mampu diimplementasikan dari tingkat pusat sampai daerah. Demi kemajuan bangsa,” kata Jokowi.

Sebagai penutup, Jokowi menyampaikan pentingnya membangun hubungan harmonis yang baik di antara Forkopimda.

“Karena keharmonisan ini akan mempengaruhi tensi di daerah. Jika salah satunya ada yang tidak rukun akan menjadi masalah yang besar. Oleh karenanya, harus terus menjaga hubungan yang baik," tuturnya.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor