background img
bank bjb 1
Dishut Jabar Lakukan Penanaman Lahan Kritis dan Pengembangan Agroforestry

Penyerahan bibit kepada Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II, Wawan Suryawan oleh Kadishut Jabar Epi Kustiawan, Cianjur, Kamis (21/11/2019) - SPN/Asep Ruslan

Dishut Jabar Lakukan Penanaman Lahan Kritis dan Pengembangan Agroforestry

CIANJUR - Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat (Dishut Jabar) merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani lahan kritis di Jawa Barat dari 911 ha lahan kritis berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) seluas 714.000 ha berada di Jawa Barat, lahan kritis tersebut berada di kawasan hutan dan sebagian besar di luar kawasan hutan.

Menyambut datangnya musim hujan Dishut Jabar melakukan kegiatan penanaman sebagai tindak lanjut dari kegiatan pemulihan Daerah aliran sungai (DAS), maka dilaksanakanlah Gerakan Nasional Pemulihan DAS (GNPDAS), berlokasi di wilayah Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk Citanduy, yang dilaksanakan tanggal 18 Nopember 2019 dan 21 Nopember 2019 penanaman dilaksanakan di lahan kritis di Cianjur.

Untuk kegiatan penanaman pada 21 Nopember 2019 dilaksanakan di Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV tepatnya di Blok Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, yang merupakan lahan milik Dishut Jabar seluas 140,26 ha dan status tanahnya milik Dishut Jabar. 

Kegiatan itu sendiri bagian dari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) tahun 2019 dan Launching penanaman bibit pionir di lahan kritis yang diikuti secara serentak.

Beberapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut, meliputi bibit Mahoni Uganda, Caliandra, Balsa, Mahoni Solomon, dan beberapa tanaman hortikultura seperti Durian, Manggis, Mangga, dll.

Epi Kustiawan saat melakukan penanaman pohon Durian di lahan kritis, Cianjur, Kamis (21/11/2019) - SPN/Asep Ruslan

Penanaman kali ini dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Ir. Epi Kustiawan, MP dan seluruh Kepala Cabang Dinas Kehutanan (KCDK) Wilayah I-IX, Waka Administratur KPH Cianjur Dedi Rediawan beserta jajarannya, para penyuluh, kelompok tani hutan, dan siswa SMK Jurusan Kehutanan yang berada di kabupaten Cianjur.

Dalam sambutannya, Epi Kustiawan mengatakan.

"Sebagai seorang Rimbawan kita harus terus menanam untuk keberlangsungan hidup manusia di bumi ini, karena satu pohon ditanam akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan umat manusia,” terang Epi Kustiawan, Cianjur, Kamis (21/11/2019).

"Sayangi pohon baru pacar,” ujar Epi Kustiawan, saat kegiatan penanaman pohon di lahan kritis, Cianjur, Kamis (21/11/2019) - SPN/Asep Ruslan

"Teruslah menanam agar lahan kritis khususnya di Jawa Barat bisa hijau kembali,” tambahnya.

Diakhir acara Epi Kustiawan membagi-bagikan bibit tanaman kepada seluruh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I-IX Provinsi Jawa Barat dan masyarakat untuk ditanam di daerahnya masing-masing. (Lely)

Berita Lainnya
HUT PDAM pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4