background img
bank bjb
Mara Sakti Sebut Wartawan Kompeten Pasti Gunakan Kode Etik

Mara Sakti tim penguji dari PWI Pusat

Mara Sakti Sebut Wartawan Kompeten Pasti Gunakan Kode Etik

Pangkalpinang,Bangka Belitung,sinarpaginews.com -- Salah satu penguji Uji Kompentisi Wartawan ( UKW), Mara Sakti menyebut wartawan yang sudah kopeten pasti gunakan Kode Etik Jurnalis ( KEJ) dalam membuat berita. Demikian disampainya usai mengisi kegiatan UKW, Kamis ( 12/12) kemarin sore bertempat di Gedung LPMP, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

“Kalau wartawan yang berkompeten berarti dia akan menggunakan kode etik jurnalistik setiap melakukan tugas jurnalistik,” jelasnya.

Menurut Mara Sakti UKW sangat penting karena wartawan berhadapan dengan publik.

“UKW sangat penting karena wartawan berhadapan dengan publik, karya jurnalistik yang di publish akan dibaca banyak orang. Jadi tidak semua bisa ikut, bukan wartawan abal-abal yang tidak ada media misalnya hanya di medsos atau sebagainya,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Babel, Fathurrahman mengatakan, pelaksanaan UKW ke-VI awalnya menggandeng pihak Diskominfo Babel namun secara mendadak dibatalkan dan akhirnya diselenggarakan secara mandiri.

“Pelaksanaan UKW ini awalnya menggandeng Dinas kominfo Babel, ada sedikit hal, atas perintah gubernur dibatalkan, Tapi tetap kita laksanakan sebagai rasa tanggung jawab terhadap kawan-kawan yang sudah mendaftar,” ungkapnya.

Orang nomor satu dijajaran PWI Babel itu juga menegaskan, tidak ada paksaan bagi peserta UKW untuk menjadi anggota PWI.

"Bagi peserta UKW tidak ada paksaan untuk masuk PWI, apa yang dikatakan sejumlah sumber jika ikut UKW harus masuk PWI, itu fitnah,” tegas Fathurrahman.

Lanjut Fathurrahman, UKW ini merupakan upaya PWI, menciptakan wartawan profesional.

"Pendidikan wartawan itu sangat penting, karena di PWI mempunyai 10 program, 9 diantaranya pendidikan," paparnya.

Dimintai pendapat terkait penolakkan pelaksanaan UKW oleh sejumlah organisasi wartawan Fathurrahman menjawab tak ada masalah.

"Sebelum menggandeng Dinas kominfo Babel kita ( PWI Babel - red) sudah lima kali selenggarakan UKW, jangan berfikir tanpa gandeng dengan Dinas Kominfo Babel, kita tidak bisa laksanakan. Buktinya hari ini ( Kamis 12/12 /2019 - red), PWI dan FORWAKA tetap laksanakan UKW secara mandiri," tutupnya.

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor