background img
bank bjb
Plh. Sekda Jabar dan Kadishut Jabar Naik Motorcross Susuri Gunung Manglayang

Plh. Sekda Jabar Daud Achmad didampingi Kadishut Jabar Epi Kustiawan sedang melakukan Penanaman Pohon Saputangan (SPN/Asep Ruslan)

Epi Kustiawan : Hutan Lestari Rakyat Sejahtera

Plh. Sekda Jabar dan Kadishut Jabar Naik Motorcross Susuri Gunung Manglayang

Jika Hutannya rusak maka rakyatpun akan rusak dan jika hutannya lestari maka rakyatpun akan sejahtera.

BANDUNG - Perjalanan menyusuri Gunung Manglayang yang merupakan Kawasan Bandung Utara dimulai dari alun-alun Ujungberung, melewati Palintang, Batu Kuda, Sekejengkol dan seterusnya dengan menggunakan Motorcross sensasinya sangatlah indah, sebagaimana dirasakan oleh rombongan Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Daud Achmad dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan, beserta Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I dan IX, staf Dinas Kehutanan dan beberapa orang dari DPMD, Sabtu (28/12/2019).

Kepada Sinarpaginews Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan mengatakan.

“Kawasan Hutan Daerah Kiarapayung yang merupakan milik Pemda Provinsi Jawa Barat yang masih kosong ini akan digunakan sebagai lahan Agroforestri, sebagai solusi konflik sosial, untuk tata air kawasan Jatinangor dan penyangga Gunung Manglayang bagian Timur Hulu DAS Citarik yang merupakan anak sungai Citarum,” tuturnya.

Medan yang dilalui rombongan sudah semakin baik jalannya karena telah ada pengerasan jalan dengan beton dan aspal, yang merupakan bantuan Pemerintah melalui desa-desa dan Kecamatan yang dikelola oleh PIPPK, sehingga jalan yang dilalui tidaklah menghawatirkan seperti dahulu meskipun tanjakan dan turunannya begitu curam, tetapi tidak mengurungkan niat para Crosser untuk menjajal perjalanan tersebut, karena disuguhi pemandangan yang indah di kiri kanan jalannya dan hutannya yang masih hijau.

Selanjutnya Epi menjelaskan, tujuan perjalanan ini adalah tadabur alam sambil menanam pohon disekitar kawasan Gunung Manglayang tepatnya Blok Barubeureum Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Merupakan Kawasan Hutan Daerah Kiarapayung milik Pemprov Jabar dengan luas 150 Ha. Saat ini kawasan tersebut dipercayakan dalam pengelolaannya  oleh Dinas Kehutanan UPT SPTH yang berlokasi di Jatinangor kabupaten Sumedang.

Lelysa staf Dishut Jabar saat melakukan Penanaman Pohon (SPN/Asep Ruslan)

Kawasan Hutan Daerah Kiarapayung (KDH), sebagian pengelolaannya oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat seluas 8 ha. Kawasan Hutan Daerah Kirapayung berdasarkan Kepgub merupakan kawasan Konservasi dan Arboretum, penanaman pohon yang dilaksanakan merupakan penambahan koleksi tanaman yang ada di sekitar Kawasan Hutan Daerah Kiarapayung, disini terdapat berbagai jenis tanaman hutan dan buah-buahan jugatanaman kopi karena berada diketinggian 800m dpl.

“Penanaman pohon terus kami lakukan untuk menjaga Hutan tetap lestari dan hutan sebagai paru-paru dunia harus tetap dijaga baik dari segi ekosistemnya, ekologinya dan juga harus bernilai ekonomis. Jika Hutannya rusak maka rakyatpun akan rusak dan jika hutannya lestari maka rakyatpun akan sejahtera,” terang Epi.

Kadishut Jabar Epi Kustiawan sedang melakukan Penanaman Pohon (SPN/Asep Ruslan)

“Dinas Kehutanan akan terus melakukan penanaman baik dilahan-lahan kritis, di sekitar DAS  di hulunya maupun di dihilirnya, terutama DAS Citarum, dan untuk menyongsong pencanangan penanaman 25 juta pohon yang akan di tanam di Jawa Barat Tahun 2020, Dinas Kehutanan sudah mempersiapkannya,” pungkasnya.

Akhir dari perjalanan kunjungan keliling lapangan rombongan Plh. Sekda Provinsi Jawa Barat, Kepala UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (SPTH) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat sudah menyiapkan hidangan sajian makanan khas Sunda di RM. Ceu Een yang berlokasi di Kiarapayung. (Lelysa) 

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor