background img
bank bjb
HIPPI dan KNPI Jabar Baksos Korban Banjir Dayeuhkolot

Kolaborasi HIPPI dan KNPI Jabar baksos korban banjir di wilayah RT.04/RW.04 Bojong Asih, desa Dayeuhkolot (SPN/Asep Ruslan)

HIPPI dan KNPI Jabar Baksos Korban Banjir Dayeuhkolot

DAYEUHKOLOT - Kampung Bojong Asih RW.04, desa Dayeuhkolot, kecamatan Dayeuhkolot, kabupaten Bandung adalah salah satu kampung yang sering terdampak banjir dengan ketinggian air antara 40 cm hingga 2 meter akibat rembesan ataupun luapan air sungai Citarum. Bahkan menurut penuturan Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Dayeuhkolot, Aslot, ada seorang ibu warga Bojong Asih meninggal dunia saat rumahnya digenangi banjir pada malam tahun baru Selasa (31/12/2019).

“Almarhumah meninggal dunia saat pergantian malam tahun baru, dimana tinggi air banjir saat itu sekitar 50 cm. Dimakamkan esok harinya di pemakaman Ciluncat, Cangkuang, Banjaran pada Selasa (1/1/2020). Penyebab kematiannya karena sakit. Kebetulan saya yang membawa ambulannya,” terang Aslot di Bojong Asih, Dayeuhkolot, Kamis (2/1/2020).

Tim ACT Aslot, saat berbincang dengan Heri C. Utomo dan Andri Juwandi di salah satu Posko Banjir Karang Taruna RT.04/RW.04 (SPN/Asep Ruslan)

Pantauan Sinarpaginews dilokasi terdampak bencana di wilayah RT.04 RW.04 kampung Bojong Asih desa Dayeuhkolot, kecamatan Dayeuhkolot bersama Heri C. Utomo Koordinator HIPPI Jabar Peduli, Andri Juwandi Ketua Umum DPC HIPPI Kab. Bandung, Devi Damayanthi Sekretaris Umum DPC HIPPI Kab. Bandung dan Pengurus HIPPI lainnya.  Juga tampak hadir Tofan Rachmat Zaky pengurus KNPI Jabar, Aslot dari ACT Korda Dayeuhkolot dan Pengurus Karang Taruna RW.04 Kampung Bojong Asih.

Disela kegiatan peninjauan, pimpinan rombongan Heri C. Utomo selaku Koordinator HIPPI Jabar Peduli kepada Sinarpaginews mengatakan.

“Hippi Peduli Jabar menjadi Momentum  menyatukan para pengusaha khususnya di Jawa Barat untuk berbagi dengan saudara-saudara kita yang terdampak bencana di wilayah Jawa Barat. Sekaligus momentum Kolaborasi HIPPI dengan KNPI Jabar. Semoga sinergi ini terus terjaga dan menjadi dampak positif bagi segenap warga Jabar,” terangnya.

Heri menghimbau dan berharap, agar seluruh Pengusaha di Jawa Barat punya tanggung jawab untuk pencegahan bencana lebih dini.

“Semoga warga yang terdampak bencana segera kembali recovery dan kembali beraktivitas seperti sedia kala, dan semoga kedepan kita semua mempunyai tanggung jawab untuk pencegahan bencana lebih dini. Salam Pengusaha Jawa Barat Bahagia,” pungkas Heri di Bojong Asih, Dayeuhkolot, Kamis (2/1/2020).

Ditempat yang sama Ketua Umum DPC HIPPI Kabupaten Bandung, Andri Juwandi mengatakan, DPD HIPPI Jabar mengajak para pengusaha untuk lebih peduli terhadap para korban bencana yang terjadi di Jawa Barat.

“Alhamdulillah hari ini HIPPI bisa bersilaturahmi dalam rangka bakti sosial dengan saudara-saudara kita korban musibah banjir di kampung Bojong Asih. Hari ini kami datang dalam rangka menyalurkan bantuan dari teman-teman sahabat pengusaha HIPPI di Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Bentuk bantuan kali ini adalah sembako, pakaian, perlengkapan mandi dan  perlengkapan bayi. Mudah-mudahan para korban bencana bisa diringankan bebannya,” tutur Andri.

Deden Tectona, Andri Juwandi, Asep Ruslan, Devi Damayanthi, Heri C. Utomo dan Tofan Rachmat Zaky di atas jembatan gantung penghubung dua desa di wilayah RW.04 Bojong Asih, kadang tenggelam saat banjir datang (SPN/Asep Ruslan)  

Menurutnya, kegiatan bakti sosial para pengusaha pribumi ini kedepannya akan dirutinkan.

“Kami berharap para pengusaha pribumi khususnya di Kabupaten Bandung untuk lebih peduli terhadap para korban bencana. Kedepan mudah-mudahan kepekaan para pengusaha untuk kegiatan Bakti Sosial ini akan ditingkatkan lagi dan dirutinkan,” tambahnya.

Posko Peduli Banjir Jawa Barat HIPPI Provinsi Jabar (SPN/Asep Ruslan)

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Aan Yusuf warga kampung Bojong Asih atas kunjungan HIPPI dan KNPI Jabar.

“Saya atas nama warga dan Karang Taruna RW.04 mengucapkan terimakasih yang setingginya kepada pengurus HIPPI baik HIPPI DPD Jabar, maupun HIPPI Kab. Bandung. Juga untuk pengurus KNPI DPD Jabar yang sudah Baksos di wilayah Bojong Asih Warga RT.04/RW.04. Semoga kebaikannya dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT,” ujar Aan.

Aan Yusuf warga kampung Bojong Asih RT.04/RW.04 desa Dayeuhkolot (SPN/Asep Ruslan)

“Banjir di kampung kami ini hampir terjadi setiap datang musim hujan. Hujan yang terjadi di daerah Majalaya walaupun di daerah Banjaran tidak hujan, kampung Bojong Asih tetap kena dampak banjir. Bahkan pada saat Pilpres 2019 yang lalu, tinggi air banjir mencapai 2 meter. Himbauan dan harapan dari warga minta perhatian dari pemerintah baik Pusat maupun daerah, agar warga di sini tidak terus-terusan kena banjir. Kalau ada program relokasi, warga di sini siap menerima relokasi untuk kebaikan masyarakat,” pungkasnya.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor