background img
bank bjb
Dishut Jabar Kolaborasi GP Ansor Tanam Pohon di Lereng Gn. Papandayan

Epi Kustiawan bersama Deni Ahmad Haedar, Johan Johari Anwar (anggota DPRD Jabar Komisi V), KCDK VI, VII, GP Ansor dan Banser (SPN/Asep Ruslan)

Dishut Jabar Kolaborasi GP Ansor Tanam Pohon di Lereng Gn. Papandayan

“Rasululloh SAW bersabda: Jikalau besok mau kiamat dan kita sedang memegang satu biji tanaman saja itu harus ditanaman. Artinya kita wajib memelihara alam ini, karena jika kita memelihara alam maka alam akan memelihara kita juga.”

GARUT - Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan bibit sebanyak 10.000 pohon untuk ditanam di lahan milik masyarakat yang dikelola oleh Pondok Pesantren Nurul Huda yang beralamat di Kampung Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (18/01/2020).

Jenis bibit ini merupakan tanaman keras seperti Suren, Manglid dan lain-lain, sebagai upaya penceghan bencana dan sebagai konservasi lahan di lereng gunung Papandayan Kecamatan Cisurapan Garut.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Epi Kustiawan, MP yang hadir di lokasi didampingi oleh Kepala Bidang PDAS, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah II, IV, V, VI, dan VII serta beberapa Perwakilan Bidang BUPM.

Epi Kustiawan bersama Kepala CDK II, IV, V, VI, VII, Pelaksana Bidang BUPM dan penyuluh CDK V (SPN/Asep Ruslan)

Gerakan penanaman pohon ini kolaborasi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Barat, Komisi III dan V DPRD Provinsi Jawa Barat, diikuti ratusan anggota Banser yang sedang melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat di Pesantren Nurul Huda Cibojong, Cisurupan, Kabupaten Garut.

Epi dalam sambutannya menyampaikan salam dan ucapan terimakasih dari Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat atas perhatian dan kepedulian bersama terhadap alam dan terus melakukan upaya-upaya pencegahan bencana alam.

“Saya atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat menyampaikan salam dan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota GP Ansor dan Banser, dan semua yang hadir ditempat ini atas perhatian dan kepeduliannya terhadap alam untuk mengatasi lahan kritis di Jawa Barat,” ungkapnya.

“Mari kita giatkan untuk terus melakukan upaya-upaya pencegahan bencana alam, salah satunya dengan aktif melakukan penanaman pohon. Selain untuk konservasi juga sebagai upaya pencegahan bencana alam yang sering terjadi akhir-akhir ini, dikarenakan hutan yang sudah semakin kritis. Sehingga Jabar Juara dengan inovasi dan kolaborasi ini akan cepat terwujud,” ajakan Kadishut Jabar di lereng Gunung Papandayan, Cisurupan, Garut, Sabtu (18/01/2020).

Epi Kustiawan bersama Deni Ahmad Haedar (SPN/Asep Ruslan)

Selanjutnya Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidar dalam sambutannya mengatakan.

“GP Ansor sangat peduli terhadap alam karena itu alam harus dijaga dan dipelihara,” ujarnya.

Deni berpesan kepada semua yang hadir.

“Rasululloh SAW bersabda: Jikalau besok mau kiamat dan kita sedang memegang satu biji tanaman saja itu harus ditanaman. Artinya kita wajib memelihara alam ini, karena jika kita memelihara alam maka alam akan memelihara kita juga. Kerusakan di bumi ini seperti di  langit, laut dan gunung adalah karena campur tangan kita sebagai manusia, dan penanam ini adalah salah satu bentuk kita bagaimana menjaga alam supaya tetap lestari dan ramah kepada kita,” pesan Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat. (Lelysa)

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor