background img
bank bjb
Perhutani KPH Jombang Canangkan Memorial Plant dan Desa Mandiri Energi

Pencanangan Memorial Plant di Wana Wisata Sumberboto KPH Jombang desa Japanan Kec. Mojowarno, Jombang Jawa Timur (SPN/Asep Ruslan)

Perhutani KPH Jombang Canangkan Memorial Plant dan Desa Mandiri Energi

JOMBANG - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang canangkan penanaman pohon kenangan dan desa mandiri energi berbasis Kemiri Sunan (Aleurites trisperma) dalam program Memorial Plant di Wana Wisata Sumberboto Desa Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/01/2020).

Kegiatan dilakukan di kawasan hutan produksi yang dicadangkan untuk melindungi area setempat di petak 9,10 Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Gempol dan petak 11 RPH Purwodadi Bagian KPH (BKPH) Gedangan KPH Jombang yang penanaman pertamanya oleh Amin Kurniawan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten jombang. Lokasi pencanangkan terdiri dari Zona Penyangga Wana Wisata seluas 48 hektar yang meliputi Blok Trembesi, Blok Pule, Blok Kayu Putih, Blok Johar, Blok Pucung, Blok Pinus, Blok Bendo, Blok Aren, Blok Juwet, Blok Gayam, Blok Kenongo dan Blok Kemiri. Sedangkan Zona Tanaman Energi Bahan Bakar Nabati berbasis Kemiri Sunan seluas 237 hektar.

Administratur Perhutani/Kepala KPH Jombang, Ir. Beddi Taviffudin, SH, MM menjelaskan bahwa dirinya mendapat tantangan dari Bupati Jombang agar Wana Wisata Sumberboto lebih berkembang.

“Langkah awal untuk pengembangan Wana Wisata Sumberboto adalah menciptakan iklim mikro yang sejuk yang pada gilirannya akan muncul suasana indah penuh kenangan sekaligus akan meningkatkan kapasitas bumi perkemahan sehingga dapat menanmpung kegiatan tingkat provinsi,” ujarnya.

Dirinya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jombang yang telah membantu pembangunan sarana dan prasarana di bumi perkemahan.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jombang yang telah membantu pembangunan jalan beraspal, gedung pendopo dan bangunan kamar mandi untuk bumi perkemahan. Sehingga kalau tidak ada aral melintang Wana Wisata Sumberboto pada tahun 2020 akan menambah fasilitas dan wahana yang jenisnya masih dirahasikan,” Terang Beddi, pria kelahiran Sumedang Jawa Barat ini.

“Wahana memorial plant memberi akses masyarakat atau pengunjung minat khusus untuk menanaman pohon kenangan sebagai salah satu cara untuk mengenang atau memperingati momen kehidupan di Wana Wisata Sumberboto, seperti : wahana ekspresi penggiat lingkungan, sedekah oksigen sebagai amal jariah, peringatan individu atau lembaga, seseorang untuk mengenang yang dicintainya (Ibu, Bapak, Anak, atau sesorang), calon pasangan yang akan menikah atau komunitas yang akan membuat monumen kebersamaannya melalui penanaman pohon,” pungkasnya. (Beddi)

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor