background img
bank bjb
Telah Lahir Alenda Arboretum Park Ciwidey

Ki-Ka: Tokoh desa Alam Endah, Ginda (Ka. TWA Cimanggu), Dadang, H. Wawan, H. Awan Rukmawan, Dr. Adjat Sudrajat, Mufrizal dan Didi (Manager GHP). Berikrar membangun daerah hulu Ciwidey melalui penanaman pohon di Alenda Arboretum Park 10 ha Tahap I (SPN/Asep Ruslan)

Bayi hasil gotong royong masarakat Desa Alam Endah

Telah Lahir Alenda Arboretum Park Ciwidey

CIWIDEY - Sumbangsih kecil untuk Citarum Harum dengan sederhana tanpa publikasi media, upacara dan boleh disebut secara diam-diam telah terjadi di desa Alam Endah, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat.

Diinisiasi penggiat lingkungan Bogor Go Green Dr. Adjat Sudradjat yang juga Owner Green Hill Park (GHP) CV. Amanah 19 (Back to Nature) sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Sarana  Wisata Alam (IUPSWA) dari Kementerian LHK, bersama Kepala Desa Alam Endah H. Awan Rukmawan dan Pengurus LMDH Alam Endah (Ketua H. Wawan dan Sekretaris Dadang) yang sangat perduli dengan lingkungan, sepakat mengadakan "Gerakan Hulu Ciwidey Go Green II", Jumat (31/01/2020).

Kegiatan ini adalah kali yang kedua. Gerakan Hulu Ciwidey Go Green I telah dilaksanakan tanggal 21 Desember 2017, kolaborasi dari para pengelola wisata alam seperti : Perhutani, Balai Besar KSDA Jabar, FK2I, pelajar dan masyarakat  menanam 3.500 pohon.

Disela kegiatan, kepada Sinarpaginews Adjat mengatakan.

“Kegiatan hari ini adalah hasil pembicaraan singkat dengan H. Wawan (Ketua) dan Dadang (Sekteraris) di LMDH Alam Endah pada pertengahan Januari 2020. Saya siapkan bibit pohon dan LMDH menyiapkan masyarakat dan lahannya. Kegiatan ini dinamakan Gerakan Hulu Ciwidey Go Green II. Kegiatan Go Green ini dikemas melalui dua kegiatan penting yakni penanaman jenis-jenis pohon untuk pembangunan arboretum dengan nama “Alenda Arboretum Park” serta penanaman pohon dilahan masyarakat Desa Alam Endah,” tuturnya.

Dr. Adjat Sudradjat menyerahkan 1.250 bibit pohon kepada H. Wawan Ketua LMDH Alam Endah (SPN/Asep Ruslan)

Mufrizal, SH, MH Kasi III di BBKSDA Jabar menyerahkan bibit pohon kepada H. Awan Rukmawan Kades Alam Endah (SPN/Asep Ruslan)

Penanaman pohon adalah amal kebaikan yang luar biasa dan besar manfaatnya bagi mahluk hidup yang lain.

“Harapan dengan dilaksanakannya penanaman pohon di Hulu Ciwidey ini menjadi “Triger Ampuh" untuk secara terus menerus tiap tahun memperbaiki lingkungan di daerah hulu. “Bayi Arboretum Baru Lahir” di Desa Alam Endah, semoga menjadi “Icon” dan “Virus”  kebaikan hutan dan lingkungan khususnya di Bandung Selatan,” pungkas Dr. Adjat Sudradjat penggiat Bogor Go Green.

Dadang selaku Sekretaris LMDH Alam Endah menjelaskan, bibit pohon untuk Alenda Arboretum Park berasal BPDAS Cimanuk-Citanduy dan dari  persemaian Green Hill Park (CV. Amanah 19) di Taman Wisata Alam Cimanggu. Jumlahnya sebanyak 1.250 terdiri dari jenis Acacia Mangium, Suren, Gmelina, Khaya, Rasamala, Puspa, Kayu Manis, Cemara Gunung, Jamuju dan Eucalyptus Sp. Mangga, Alpukat, Rambutan dan Durian.

“Tahap pertama permulaan mengisi Alenda Arboretum Park, sudah lumayan. Sambil jalan kita lengkapi dengan jenis-jenis lainnya,” ujar Sekretaris LMDH Alam Endah.

Masyarakat desa Alam Endah gotong royong menanam pohon untuk Alenda Arboretum Park di hutan lindung Petak 10 Blok Cigadok, BKPH Ciwidey, KPH Bandung Selatan (SPN/Asep Ruslan)

Rasamala pohon khas Jabar dari pemegang IUPSWA CV. Amanah 19, memperkaya Alenda Arboretum Park lokasi Jalan Raya Patenggang Km-40 (SPN/Asep Ruslan)

Pantauan Sinarpaginews, pelaksanaan penanaman pohon di lolasi Alenda Arboretum Park dilaksanakan pada Jumat (31/01/2020). Luar biasa nilai-nilai gotong royong yang ditunjukan oleh masyarakat Alam Endah pada acara tersebut. Kepala Desa Alam Endah dan LMDH Alam Endah telah berhasil sebagai tokoh penggerak penanaman pohon di musim hujan ini.

Sinergitas Pentahelix antara Pengusaha, Pemerintah, Masyarakat, Akademisi dan Media untuk terwujudnya Citarum Harum dan Jabar Juara lahir Batin. Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera. 

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor