background img
bank bjb
Bantu Atasi Sampah Citarum, Bank Dunia Kucurkan Rp.1,4 Triliun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SPN/Asep Ruslan)

Bantu Atasi Sampah Citarum, Bank Dunia Kucurkan Rp.1,4 Triliun

JAKARTA - Bank Dunia akan memberikan suntikan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk mengatasi sampah Sungai Citarum. Kapan dana tersebut cair? 

Dikutip dari detik.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa bulan Maret dana sebesar Rp 1,4 triliun ini bakal cair. Hingga kini menurutnya Bank Dunia sedang melakukan proses pendetailan proyek.

"Masih proses. Bulan Februari ini sedang proses pendetailan proyeknya. Jadi kira-kira dananya baru turun Maret," kata pria yang akrab disapa Emil ini, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (07/02/2020).

Danau Cisanti Titik Nol Sungai Citarum (Istimewa-SPN/Asep Ruslan)

Kalau dana sudah cair, Emil menjelaskan pihaknya akan membangun infrastruktur pengolahan sampah. Selain itu dia akan membuat beberapa instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) serta septic tank untuk masyarakat.

"Untuk membangun infrastruktur pengolahan sampah, pembangunan IPAL-IPAL. Pembangunan septic tank buat masyarakat," jelas kang Emil.

Sebelumnya, Emil pernah mengatakan dari total dana sebesar Rp 1,4 triliun akan dibagi 80% untuk pengurusan sampah Bandung, sisanya di luar Bandung.

"Kita kan akan dapatkan bantuan dari Bank Dunia US$ 100 juta alias Rp 1,4 triliun untuk tangani sampah metropolitan. Tadi rapat menyepakati caranya, kita sepakat 80% dananya untuk atasi (sampah) di Bandung raya 20% nya non Bandung Raya," kata Kang Emil di kantor Luhut, Jakarta Pusat, Jumat (21/06/2019) silam.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor