background img
bank bjb
Kang Emil Lantik Setiawan Wangsaatmaja Sebagai Sekda Jabar Definitif

Pelantikan Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Pemprov Jabar (Foto: Humas Jabar)

Integritas, Pelayanan Sepenuh Hati & Profesional

Kang Emil Lantik Setiawan Wangsaatmaja Sebagai Sekda Jabar Definitif

Kang Emil titip tiga hal yang disetujui Setiawan, integritas, Pelayanan Sepenuh Hati dan Profesional.

KOTA BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi melantik Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar definitif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/02/2020).

Surat Keputusan Presiden RI Nomor 31 / TPA Tanggal 30 Januari 2020 Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Surat keputusan tersebut diterima Pemda Provinsi Jabar pada 11 Februari 2020.

"Atas nama pribadi dan jajaran, tentulah aku menghaturkan selamat atas pelantikan," kata Kang Emil, dengan sengaja Ridwan Kamil disapa.

Dalam sambutannya, Kang Emil menyetujui proses seleksi Sekda Jabar sudah melalui prosedur yang sesuai dengan persetujuan. Menurut dia, keputusan akhir terkait proses pemilihan Sekda Jabar diambil oleh Presiden RI.

"Artinya, semua yang ikut seleksi (Sekda Jabar) merupakan orang-orang terbaik. Yang terbaik itu sudah dipilih Presiden," ucapnya.

Kang Emil resmi melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Provinsi Jabar (Foto: Humas Jabar)

Kang Emil pun langsung memberikan tugas kepada Setiawan, yaitu memastikan pelayanan publik Pemda Provinsi Jabar berjalan dengan baik. Dia pun meminta Setiawan untuk mengakselerasi reformasi birokrasi.

"Penduduk Jabar adalah seperlima penduduk Indonesia yang mencapai 50 juta jiwa. Pak Sekda harus menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat dengan jumlah yang besar," ucapnya.

"Tentunya dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin, reformasi birokrasi jadi tantangan. Ini yang saya titipkan ke pak Setiawan," imbuhnya.

Selain itu Kang Emil berpesan kepada Setiawan untuk menjalankan fungsi fasilitator antara kepala daerah dengan dewan, dengan masyarakat, dengan organisasi masyarakat. Tidak lupa, Kang Emil titip tiga hal yang disetujui Setiawan, integritas, dilayani dengan hati, dan profesionalisme.

"Maka gunakan jabatan bukan sebagai tujuan, tetapi sebagai sarana membawa perubahan, sarana membawa kemajuan, gunakan jabatan untuk meningkatkan kebermanfaatan, gunakan jabatan Sekda sebagai sarana ibadah. Kita hadir di sini hanya-mata untuk ibadah. Mudah-mudahan ini mengawali proses berintegritas," katanya. 

Setiawan Wangsaatmaja, Kang Emil dan Daud Achmad (Foto: Humas Jabar)

Dalam pelantikan tersebut, Kang Emil pun mengapresiasi Daud Achmad yang mampu melaksanakan tugas sebagai Penjabat (Pj.) Sekda Jabar dengan baik. "Dia (Daud Achmad) mendampingi Saya untuk melancarkan urusan, Alhamdulillah Jabar hingga hari ini, urusan pembangunan berjalan lancar," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat menyatakan bahwa Setiawan Wangsaatmaja memiliki kapabilitas yang mumpuni sebagai Sekda Jabar.

"Dia juga bukan orang baru di sini, dia juga ditunjuk langsung Pak Presiden. Saya kira dia sudah mumpuni," kata Taufik.

Sementara, Setiawan memberikan tugasnya menjalankan tugas dan fungsi sebagai Sekda Jabar. Dia juga menyatakan kesiapannya untuk mengakselerasi reformasi birokrasi di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

"Bagaimana penyederhanaan, reformasi birokrasi dijalankan di Jawa Barat. Akhirannya ini sebenernya adalah pelayanan publik kita lebih baik," kata Setiawan.

Sebelum resmi menjadi Sekda Jabar, Ditetapkan sebagai Deputi Menteri Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB. Selain itu, dia juga pernah ditunjuk sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jabar.

Sumber: Humas Jabar

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor