background img
bank bjb
Pemulihan KBU, Dan Sektor 22 Citarum Harum Kolaborasi Steakholder

Kiri Kanan: Suyanto, Asep Kusumah, Edi Giver, Lelysa, Asep Rahman Taufik, Ayi Miharja, M.Yusuf, Achmad Rizky Nugraha, dan Edi (SPN/Asep Ruslan)

Pemulihan KBU, Dan Sektor 22 Citarum Harum Kolaborasi Steakholder

KABUPATEN BANDUNG - Kawasan Bandung Utara (KBU) sejatinya berfungsi sebagai resapan air bagi wilayah Bandung Raya namun tak hentinya digempur bangunan dan pertanian produktif, dengan bermunculannya bangunan baru dan kian maraknya para petani sayuran sehingga KBU akan menuai bencana bagi kawasan Bandung Raya karena saat ini dikenal sebagai Lahan Kritis.

Kodam III/Siliwangi yang diwakili Dan Sektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf. Asep Rahman Taufik, terus berkolaborasi dengan para steakholder dalam pemulihan KBU ini.

Dalam rapat persiapan dilapangan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh M. Yusuf Koordinator Penyuluh Kehutanan dan Edi Giver Penyuluh Cabang Dinas Wilayah V  memetakan serta mengatur jarak tanam, dalam pola tanam Agroforestri yang dilaksanakan di KBU. Hal ini diharapkan agar mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan menanam buah-buahan serta tanaman hutan, sehingga hutan lestari dan rakyat sejahtera akan tercapai.

Rencana lokasi penanaman desa Mekar Saluyu wilayah KBU (SPN/Asep Ruslan)

Kegiatan persiapan rencana penanaman tersebut dihadiri juga Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah, Camat Cimenyan Achmad Rizky Nugraha, Kades Mekar Saluyu Ayi Miharja, dan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22.

“Insya Allah, penanaman kali ini akan dilaksanakan pada Senin (24/2/2020) yang akan datang. Berlokasi di Desa Mekar Saluyu Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung untuk lahan tanam seluas 12 Ha,” ungkap Asep Rahman Taufik kepada Sinarpaginews dilokasi kegiatan, Dago Resort, Cimeunyan, Selasa (18/2/2020).

“Akan ditanami dengan pola Agroforestry terdiri dari pohon buah-buhan seperti : Nangka, Mangga, Lengkeng dan Alpukat. Juga pohon keras seperti : Macadamia, Suren, Manglid dan beberapa jenis lainnya diperkirakan 1000 bibit,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan penanaman di KBU ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, Bupati Bandung, Bupati Bandung Barat dan beberapa OPD dari Provinsi, Kota dan Kabupaten Bandung serta Kabupaten Bandung Barat, penggiat lingkungan dan komunitas pecinta lingkungan, akan turut serta menanam di lahan tersebut.

“Hal ini dikarenakan pemulihan DAS Hulu Citarum bukan hanya tugas Dansektor 22, Dinas Kehutanan maupun Dinas Lingkungan Hidup, melainkan tugas bersama dan tanggungjawab bersama,” pungkas Dan Sektor 22 Citarum Harum. (Lelysa)

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor