background img
bank bjb 1
Berfikir Positif Membuat Hidup Bahagia dan Sehat

Mayjen TNI (Purn) H. Asep Kuswani, M.Si (HAN) dan istri saat berada di Caffe Kedai Kopi Lereng Tanggul (Foto: Asep Ruslan)

Berfikir Positif Membuat Hidup Bahagia dan Sehat

“Kebahagiaan itu datang dari diri kita sendiri bukan dari orang lain,” ujar Kang Mayjen.

KOTA BANDUNG, SINARPAGINEWS - Hidup bahagia adalah impian semua orang. Berdasarkan penelitian medis, seseorang yang selalu berpikiran positif akan membuat pribadi selalu bahagia dan cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat.

“Dengan menjadi pribadi yang selalu bahagia, pastinya akan ada dampak positif juga bagi orang di sekitar kita. Biasanya, kita juga cenderung akan merasa nyaman berada di sekitar orang yang memiliki aura positif,” kata Ketua Dewan Penasihat Paguyuban Asep Dunia (PAD) Mayjen TNI (Purn) H. Asep Kuswani, M.Si (HAN) atau Kang Mayjen, saat bersilaturahmi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ke Sekretariat PAD DPW Priangan Barat yang diterima langsung oleh Ketua PAD DPW Priangan Barat Ir. H. Asep Ruslan di Komplek Bumi Panyileukan Kota Bandung, Rabu (24/6/2020).

“Kebahagiaan itu datang dari diri kita sendiri bukan dari orang lain,” ujar Kang Mayjen.

Menurutnya, kebahagiaan akan memberikan efek bagi tubuh sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Ada juga yang berpendapat bahwa pribadi yang bahagia selain bisa memberikan kesehatan untuk dirinya sendiri juga bisa memberikan kesehatan bagi orang lain dan lingkungan sekitar.

 

Kang Mayjen bersama Asep Ruslan di Caffe Kedai Kopi Lereng Tanggul (Foto: Asep Ruslan)

Manfaat bahagia bagi kesehatan ternyata cukup banyak, dan memang memiliki dampak yang cukup berpengaruh pada kondisi tubuh dan pikiran.

Dikutip dari klikdokter.com, Berikut beberapa efek bahagia pada tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Kesehatan Mental Lebih Baik

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang, mulai dari suasana hati, pekerjaan, hingga lingkungan sekitarnya. Manfaat bahagia bagi kesehatan dapat terpancar dari kondisi mental yang baik.

Sebuah penelitian menyatakan, kondisi emosional seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Ada orang yang cenderung memiliki kondisi emosi yang stabil, namun di sisi lain ada juga yang memiliki kondisi emosional yang cukup fluktuatif atau mengalami pasang surut.

Pada orang dengan emosi stabil, mungkin tidak mengalami kesulitan untuk mengendalikannya dalam kondisi apa pun.

Bagi orang yang kesulitan dalam hal ini, butuh upaya lebih besar untuk mengontrolnya. Meski sulit, hal ini harus terus dilatih.

Berdasarkan pemaparan dari Harvard School of Public Health, dengan mengontrol emosi dengan baik, dapat menjaga kesehatan mental yang juga berperan penting bagi kesehatan tubuh.

Perlu diingat, orang yang dikatakan sehat harus dinilai secara fisik dan mental.

2. Jantung Sehat

Orang yang bahagia akan memiliki kondisi psikologis yang lebih stabil. Beberapa penelitian menyatakan, dengan menjaga kondisi psikis yang baik, dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit jantung.

3. Terhindar dari Stroke

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, pengendalian emosi yang baik dan tetap bahagia dapat melindungi dari penyakit yang melibatkan pembuluh darah otak, seperti stroke.

4. Memicu Pola Hidup Sehat

Orang yang terus bahagia akan lebih semangat untuk menjalani hari, termasuk untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan menerapkan kebiasaan yang baik setiap harinya, pasti kesehatan tubuh pun terjaga.

Bila seseorang bahagia, ia akan semangat untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

 

Kang Mayjen dan Istri, Pemimpin yang rajin bersilaturahmi (Foto: Asep Ruslan)

5. Tekanan Darah Stabil

Bila Anda selalu bahagia dan semangat menjalani pola hidup sehat, pasti metabolisme tubuh jadi lebih baik. Dengan membiasakannya setiap hari, dapat membantu menjaga tekanan darah agar terus stabil.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Efek bahagia pada tubuh juga bisa terlihat dari berat badan, lho. Dengan bahagia, metabolisme tubuh lebih baik dan dapat membantu menjaga berat badan ideal karena pola hidup akan lebih teratur dan sehat.

7. Daya Tahan Tubuh Lebih Baik

Orang yang lebih sering menggerutu atau mengeluh cenderung lebih sering mengalami sakit.

Beberapa penelitian pun mendukung hal ini. Terlihat bahwa seseorang yang bahagia akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Manfaat bahagia bagi kesehatan penting biar tidak gampang sakit!

8. Lebih Jarang Alami Nyeri atau Sakit

Dengan kondisi emosional yang positif saat sedang bahagia, risiko nyeri akan lebih rendah. Saat mengalami sakit sekali pun, seseorang yang terus bahagia akan pulih lebih cepat.

9. Memperpanjang Usia

Dengan terus bahagia, kondisi fisik dan mental seseorang akan cenderung lebih baik dan stabil. Hal ini dapat membantunya untuk berumur lebih panjang dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

 

Pujian Ibu Mayjen terkait Menu Makanan dan Minuman di Caffe Kedai Kopi Lereng Tanggul (Foto: Asep Ruslan)

10. Menurunkan Risiko Perburukan pada Penyakit Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan, dengan terus bahagia dapat membantu mencegah terjadinya perburukan meski seseorang mengalami penyakit kronis, diantaranya seperti diabetes dan AIDS.

Hal ini bisa dipicu oleh adanya semangat untuk menjalani terapi yang diberikan oleh dokter, optimis untuk pulih, dan tetap beraktivitas seperti biasa.

Itulah berbagai efek bahagia pada tubuh yang dapat kita rasakan. Oleh karena itu, meski sedang berada di kondisi yang tidak baik, cobalah untuk mensyukuri setiap berkat yang Allah SWT berikan agar kita bisa terus bahagia dan semangat dalam menjalani hidup dan kehidupan yang serba ketidak pastian ini apalagi di saat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Berita Lainnya
HUT PDAM pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4