background img
bank bjb 1
Kodim 0619 Purwakarta Meraih Penghargaan Sebagai Kodim Terbaik 1 Dalam Pelayanan KB

Kodim 0619 Purwakarta Meraih Penghargaan Sebagai Kodim Terbaik 1 Dalam Pelayanan KB

PURWAKARTA, - Kodim 0619/Purwakarta meraih penghargaan sebagai Kodim Terbaik I dalam Pelayanan KB Sejuta Akseptor Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2020. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Asep Syarifudin di Taman Maya Datar Alun-alun Pasanggrahan Kompleks Pemda Purwakarta, Senin (27/7).

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Asep menyampaikan, keberhasilan yang telah diraih dalam menyukseskan sejuta akseptor KB sejatinya bukan dilihat dari piagam yang diterima. “Akan tetapi merupakan pengabdian dalam program pemerintah. Termasuk tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat meski di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Dikatakannya, keberhasilan Kodim 0619/Purwakarta tak lepas dari kerja sama yang terjalin baik dengan pemerintah daerah, khususnya dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta.

“Program KB sendiri merupakan program wajib yang dijalankan TNI bekerjasama dengan BKKBN. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0619/Purwakarta beserta jajaran Forkopimda Purwakarta atas kerjasama dalam program Sejuta Akseptor KB. Secara pribadi, saya bangga terhadap Purwakarta serta berharap Purwakarta menjadi contoh bagi daerah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, Pemda Purwakarta telah berjuang bersama-sama dengan jajaran Kodim 0619/Purwakarta dalam rangka pelayanan KB Sejuta Akseptor. “Kami berkomitmen terus dalam menjalankan program KB yang sudah dituangkan dalam program rencana kegiatan pemerintah daerah,” ujar Bupati.

Bukan hanya penguatan dalam pengendalian angka kelahiran, tetapi juga penduduk dapat tumbuh seimbang dan menciptakan keluarga berkualitas. “Dalam momentum Hari Keluarga Nasional, kami berkomitmen untuk memprioritaskan program KB, bukan hanya dalam rangka pengendalian angka kelahiran, tetapi juga sebagai salah satu upaya membangun kesejahteraan masyarakat.

Ambu Anne juga berterima kasih terhadap jajaran Kodim 0619/Purwakarta dan stakeholder yang terus bergerak melakukan pelayanan secara gratis dengan menjemput akseptor dan mengantarkan akseptor kembali ke rumahnya. “Semoga penghargaan yang diterima akan menjadikan spirit ke depan bagi Purwakarta menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Kusmana, menyebutkan, program KB bertujuan menciptakan keluarga yang unggul. “Sejuta Akseptor pada Harganas lalu, Jabar memiliki target 458 ribu tapi kita bisa mencapai 506 ribu akseptor. Dengan kata lain pencapaian targetnya 115 persen,” ujarnya.

Pencapaian tersebut, membuktikan silih asah, asih, asuh yang tercermin dalam kegiatan gempungan terbukti berhasil. Meski di tengah pandemi, tetap bisa memberikan pelayanan terhadap masyarakat. “Di sinilah pemerintah hadir. Memberikan pelayanan antar dan jemput kepada para akseptor KB,” katanya.(Ms)

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN