background img
bank bjb 1
Gubernur Sulsel :Pembukaan Kembali Bioskop Tergantung Kesiapan Penyelenggara

Gubernur Sulsel :Pembukaan Kembali Bioskop Tergantung Kesiapan Penyelenggara

SULSEL, -Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah menegaskan pembukaan atau beroperasinya kembali bioskop atau cinema tergantug kesiapan penyelenggara dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta pengajuan pembukaan kepemerintah.

"Pembukaan bioskop semua tergantung kesiapan penyelenggaraan atau operator bioskop, termasuk melakukan pengajuan pembukaan.kata Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu siang, 29 Agustus 2020.

Ia menyebutkan Sama halnya dengan rencana pembukaan sekolah,penyelenggara bioskop harus menyampaikan kesiapannnya serta prasyarat yang wajib dipenuhi.

"Kita menunggu dari bawah, seperti juga pembukaan sekolah, itu harus dari kepala sekolah yang mengajukan.Tentu penyelenggara Bioskop menyampaikan kesiapan serta prasyarat yang wajib dipenuhi. Termasuk protokol kesehatan, bagaimana menjaga jarak di dalam ruangan, tidak ada peluang untuk terjadi cluster baru, dan kesiapan hand-sanitaizer dan tempat cuci tangan,"ebutnya.

Gubernur Sulsel juga mengaku, semua harus dipersiapkan sebaik mungkin sehingga tidak ada cela yang berpotensi penularan Covid-19.

"Saya berharap satu kali kita buka, betul-betul dijaga amanah pemerintah ini. Jangan sampai ada cluster dan harus kita tutup. Kita tidak mau seperti itu,Makanya harus dipersiapkan sebaik mungkin" imbuhnya.

Mantan Bupati Bantaeng menambahkan untuk kota makassar sudah mulai keluar zona merah covid-19.

"Kondisi penanganan Covid-19 di Sulsel, Khususnya untuk Kota Makassar sebenarnya sudah mulai keluar dari zona merah. Karena kita terus melandai Rt kita, itu sudah hampir satu bulan itu sudah di bawah satu, berada di kisaran 0,8 sekian. Dan kita lihat spesimen kita juga naik tapi yang terkonfirmasi positif itu terus menurun,"tambahnya.

Sebelumnya pemerintah pusat melalui Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 pusat , Wiku Adisamito mengatakan,rencana pembukaan Bioskop karena memiliki karakteristik dan kontribusi, terutama memberikan hiburan pada masyarakat karena imunitas bisa meningkat.

"Jadi berdasarkan kajian,menonton Bioskop dapat memberikan hiburan yang membuat bahagia sehingga akan meningkatkan imunitas,"ungkapnya di Media Center Satgas Nasional, Jakarta pada hari Rabu (26/8) lalu.

Ia Menjelaskan Pembukaan Bioskop tetap memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui beberapa tahapan serta tentunya memperhatikan hal lainnya termasuk penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Tetap pembukaannnya harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahap prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.Dan pastikan antrean masuk dan keluar bioskop dijaga ketat dengan menjaga jarak yang baik, minimal 1,5 meter sehingga tidak ada kontak pengunjung. Demikian juga dengan kesiapan pihak penyelenggara, harus dilatih dan dipastikan protokol kesehatan dijalankan,"pungkasnya. (spn/hms).

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah