background img
bank bjb 1
Komitmen Jaga Budaya Kearifan Lokal

Komitmen Jaga Budaya Kearifan Lokal

SURABAYA- Kodam V/Brawijaya berupaya untuk terus menjaga budaya kearifan lokasi, khususnya budaya nusantara. Beragam upaya pun dilakukan oleh pihak Kodam demi menjaga kelestarian itu.

Demikian dikatakan Kepala Staf Kodam, Brigjen TNI Agus Setiawan mengatakan jika terdapat 16 peserta tari yang telah mengadu bakatnya di Gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Surabaya.
Lomba tari kreasi itu, kata Agus, merupakan perwakilan dari masing-masing Korem yang tersebar di wilayah teritorial Kodam. “Ini sebagai bentuk kepedulian Kodam terhadap budaya nasional kita yang merupakan peninggalan para leluhur,” ujarnya. Rabu, 23 September 2020.

Kodam, kata dia, memiliki berbagai inovasi dan tekad untuk terus melestarikan budaya Indonesia, yang mulai tergerus oleh budaya asing. “Sehingga, generasi muda memiliki rasa cinta tanah air, dan nasionalisme,” bebernya.

Dirinya berujar jika keberadaan lomba tari kreasi seperti yang berlangsung saat ini, sudah menjadi salah satu agenda penting di lingkungan Kodam V/Brawijaya. Sebab, selain berdampak positif, komsos kreatif itu diyakini bisa menggali sekaligus mengembangkan kemampuan dan inovasi dari para peserta.
“Lomba kreasi seperti ini, para peserta tentunya memiliki ketahanan fisik dan jati diri sebagai penrai yang mempunyai sifat, serta karakter yang baik,” jelasnya.
Agus berharap, perlombaan yang dihelat di Makodam itu, mampu mempertahankan budaya kearifan lokal sebagai identitas, dan jati diri bangsa yang beradab.
“Dan yang terpenting, bisa mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan keragaman suku, agama, ras serta budaya yang ada,” pintanya.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah