background img
bank bjb 1
Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Pendiisiplinan Protokol Kesehatan

Panglima Kodam II/SWJ Mayjen Bersama Panglima TNI

Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Pendiisiplinan Protokol Kesehatan

PALEMBANG, - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi lakukan Video Conference (Vidcon) dengan Panglima TNI bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Senin (28/9/2020).

Dalam vidcon tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi yang didampingi Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, Pamen Ahli para Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AU serta beberapa Kabalakdam II/Swj yang terkait, menerima arahan dan penjelasan dari Asops Panglima TNI perihal Evaluasi Operasi Penanganan Covid-19 dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan serta Konsep Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di 270 Daerah yang akan melaksanakan Pilkada Tahun 2020.

Mengawali rakor, Asops Panglima TNI dalam paparannya menyampaikan bahwa, penegakan aturan Protokol Kesehatan di ruang Publik untuk mendukung kebijakan pemerintah dilakukan secara Sinergi dengan stake holder yang ada di wilayah masing-masing.

Untuk itu agar terus melaksanakan dan membangun koordinasi dengan instansi terkait untuk membantu Satgas Penanganan Covid-19 di wilayah jajaran. Kemudian selalu memberikan edukasi untuk upaya mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan, khususnya dalam menggunakan masker, jaga jarak dan hindari tempat keramaian untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Asops Panglima TNI juga menjelaskan Inpres No. 6 tahun 2020 tentang
Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 bahwa, TNI memberikan dukungan kepada Gubernur, Bupati/Walikota dengan mengerahkan kekuatan TNI untuk pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan bersama Polri dan instansi lain secara terpadu dengan Pemda dengan menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan dan melaksanakan pembinaan masyarakat agar berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Sementara itu, dalam rapat yang dilakukan secara daring tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga memberikan penekanan untuk dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran TNI sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun. 2020, yakni ; dengan mensosialisasikan pembinaan dan penekanan 3M di tengah masyarakat, membantu pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan tahapan Pilkada untuk mencegah penyebaran Covid-19 di ajang pesta demokrasi tersebut.

Panglima TNI juga mengingatkan kepada seluruh prajurit dan keluarganya agar tidak terpapar Covid-19 dan memastikan Netralitas TNI dalam Pilkada serentak Tahun 2020 serta membantu pemerintah dalam membangun ketahanan pangan.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah