background img
bank bjb 1
Jalan Desa Tokoh II Menuju Alue Rambot Abdya Aceh Terancam Putus

Jalan Desa Tokoh II Menuju Alue Rambot Abdya Aceh Terancam Putus

ACEH BARAT DAYA, - Jalan penghubung antar Gampong (Desa) Tokoh II menuju Gampong Alue Rambot Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan terancam putus karena sudah amblas hampir sekitar 15 meter lebih.

Muhammad Ali, warga setempat Kamis (5/11/2020) di lokasi mengatakan, amblasnya jalan ini sudah terjadi sejak beberapa pekan yang lalu dan belum dilakukan perbaikan.

"Ini memang jalan kebun tapi manfaatnya cukup banyak bagi masyarakat. Mereka pergi ke sawah, kebun dan angkut hasil panen juga melintasi jalan itu,"ucap Muhammad Ali.

Menurutnya, penyebab amblasnya jalan itu sekitar hampir 15 meter dengan kedalaman hampir tiga meter karena terus dikikis dari bawah oleh ganasnya air sungai di samping jalan itu. "Saat terjadi banjir air sungai melimpah dan dari bawah kemungkinan ada gorong-gorong kecil tidak mampu menahan ganasnya air sehingga badan jalan menjadi amblas,"katanya.

Ia menjelaskan, andai kata jalan tersebut benar-benar putus total maka yang dirugikan masyarakat di dua gampong itu. Pasalnya, mereka jika ingin bepergian ke kebun terpaksa harus melintas jalan lain yang jaraknya lumayan jauh sehingga membuang waktu.

"Kasihan masyarakat kalau jalan itu putus. Mereka terpaksa harus memutar haluan ke jalan lain, saat ini kondisi jalan tinggal satu meter lagi. Sementara dua meter lebih sudah amblas ke sungai, ini sangat berbahaya kalau dibiarkan seperti itu tanpa ada upaya perbaikan,"sebut Muhammad Ali.

Dengan demikian, Pemkab Abdya melalui Dinas PUPR atau BPBK harus segera turun tangan ke lokasi melihat kondisi dimaksud. Dan harus segera menyediakan dana untuk perbaikannya tahun depan. "Apakah dibangun tanggul pengamanan beton atau bronjong terserah yang penting amblasnya jalan itu tertanggani,"demikian warga Abdya.

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal