background img
bank bjb 1
Sudah Kadarluasa, RSUTP Abdya Aceh Musnahkan Obat Senilai Rp2,5 Miliar

Sudah Kadarluasa, RSUTP Abdya Aceh Musnahkan Obat Senilai Rp2,5 Miliar

ACEH BARAT DAYA - - Sudah kadarluasa dan tidak dikonsumsi lagi, jajaran Rumah Sakit Umum Teungku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya (RSUTP Abdya) Provinsi Aceh melakukan pemusnahan Obat serta barang habis pakai dengan senilai Rp2,5 Miliar lebih.

"Pemusnahan obat yang kadarluasa itu dilakukan dengan cara dihancurkan menggunakan alat berat jenis tandem roller (kendaraan pemadat jalan) berlangsung di belakang rumah sakit dimaksud,"kata Direktur RSUTP Abdya Dr Ismail Muhammad kepada Wartawan Jumat (20/11/2020).

Direktur RSUTP Abdya yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Medis Sukardi juga menjelaskan, pemusnahan beberapa macam barang seperti air Impus, Antibiotik dan obat-obatan lain merupakan sisa persediaan dari Tahun 2011 hingga 30 Juni 2020.

Menurutnya, tujuan pemusnahan obat-obatan dimaksud dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kemudian untuk melindungi pasien atau masyarakat dari bahaya yang disebabkan oknum yang tidak bertanggungjawab. Serta menghindari penyalahgunaan obat itu.

"Karena obat yang sudah kadarluasa tidak bisa dikonsumsi lagi. Dan sangat fatal bila dikonsumsi maka dari itu harus dimusnahkan,"sebut Ismail Muhammad.

Ismuha panggilan akrap Dr Ismail Muhammad juga menjelaskan, sebelum dilakukan pemusnahan. Pihaknya telah melakukan rapat dengan pihak terkait lainnya. Selanjutnya, semua barang yang telah dimusnahkan akan dikirim ke Jakarta untuk pemusnahan terakhir.

Ismuha yang didampingi Kabid Penunjang Medis, Sukardi juga mengatakan, kedepan pihaknya akan berupaya untuk memusnahkan obat yang kadarluasa setiap setahun sekali sesuai aturan yang berlaku dalam dunia medis.

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal