background img
bank bjb 1
Media Sosial dan Media Massa Jelas Berbeda

Media Sosial dan Media Massa Jelas Berbeda

KAB. SUKABUMI--,Informasi yang disebar luaskan melalui Media Sosial serta Informasi yang disebar luaskan oleh Media Massa, jelas memiliki perbedaan, demikian dikatakan Ketua PWI Kab. Sukabumi Asep Solihin (Avhes) saat memberikan materi pada kegiatan bengkel jurnalistik kepada anggota PWI Kab. Sukabumi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Situ Indah Lembursitu Kota Sukabumi Jawa Barat. Minggu 27 Desember 2020.

Lebih jelasnya lagi, Avhes memaparkan. "Informasi yang disebar luaskan kepada masyarakat melalui media massa dalam bentuk berita, merupakan karya Wartawan yang dihasilkan melalui kegiatan-kegiatan jurnalistik serta disebarluaskan oleh perusahaan Pers yang berbadan hukum dan kebenaran dari pemberitaannya dapat di pertanggung jawabkan sesuai dengan amanat yang terkandung dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers"

Sementara Informasi yang disebar luaskan melalui media sosial merupakan informasi yang didapat serta disebarluaskan secara perorangan dan tidak dapat dipertanggung jawabkan, kendati informasi tersebut memiliki unsur 5W+1H, dan bahkan apabila informasi yang desebarkan memiliki unsur pelanggaran hukum, maka penyebar informasi tersebut bisa tersandung UU ITE, jelasnya.

Selain itu kepada para peserta bengkel jurnalistik, Avhes menegaskan. "Setiap wartawan didalam menjalankan tugas kewartawanannya dituntut untuk memahami undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnlistik serta Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) yang telah di tetapkan oleh Dewan Pers", tegasnya.

Bengkel Jurnalistik sendiri merupakan Program Unggulan PWI Kab. Sukabumi Priode 2020-2023

Didalam program tersebut sedikitnya ada 20 materi yang berkaitan dengan kewartawanan yang akan di bahas tuntas hingga bulan Agustus 2021.

Termotivasi PWI Kab. Sukabumi untuk menggulirkan salah satu program unggulan tersebut, menurut Avhes, hal itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Kapasitas dan Profesionalitas Anggota PWI Kab. Sukabumi yang pada akhirnya akan merujuk kepada standarisasi kompetensi profesi yang harus dimiliki sebagaimana layaknya wartawan Profesional, tandasnya.

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal