background img
BJB 2017
7 Anak Perusahaan Pelindo Kerjasama Dengan 7 BUMN dan Pemda

Dari kanan ke kiri Buati beltim, dirut PT JPPI, Menteri BUMN, Dirut Pelindo II dan Dirut PT DAK

7 Anak Perusahaan Pelindo Kerjasama Dengan 7 BUMN dan Pemda

Manggar,Belitung Timur,sinarpaginews.comTujuh anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia ( Pelindo ) II/IPC menandatangani sembilan Memorandum of Understanding ( MoU ) dengan tujuh BUMN, anak perusahaan BUMN, dan satu Pemerintah Daerah, Jum'at ( 25/8 ). 

Penandatanganan kesepakatan bersama ini disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), Rini M Soemarno & Dirut Pelindo II, Elvyn G. Masassya.

Tujuh anak perusahaan IPC ini terdiri dari PT Energi Pelabuhan Indonesia ( EPI ), PT Multi Terminal lndonesia ( MTI ), PT Indonesia Kendaraan Terminal ( IKT ), PT Pelabuhan Tanjung Priok ( PTP ), PT Pengembang  Pelabuhan Indonesia ( PPI ), PT Electronic Data Interchange Indonesia ( EDII ), dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia ( JPPI ).

Sedangkan tujuh BUMN dan Anak perusahaan  ini adalah PT Pertamina Patra Niaga, PT Perikanan Nusantara ( Persero ), PT Perum Perikanan Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour, PT Berdikari Logistik Indonesia, PT Kawasan Berikat Nusantara ( Persero ), PT Dok Air Katung anak PT Timah Tbk ( Persero ) dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur ( Beltim ).

Pemkab Beltim merupakan satu-satunya Pemkab yang ikut dalam MoU tersebut. Pemkab Beltim menandatangi MoU dengan PT JPPI dan PT DAK untuk rencana investasi Dok Galangan perawatan dan perbaikan kapal.

Menteri Rini mengaku senang dengan kerja sama yang terjalin antara anak usaha BUMN tersebut. Sebab, dengan bekerja sama maka secara operasional BUMN jadi lebih efektif dan efisien.

"Selama ini sesama BUMN kita dituntut untuk saling berkompetisi. Sekarang saya ingin semuanya bersinergi," kata Rini.

Rini mengatakan, sinergi BUMN memang harus terus dilakukan supaya semua kerja yang dilakukan menjadi efisien. Dengan sinergi maka biaya logistik yang tadinya besar bisa ditanggung semua. Terlebih dari itu, semua lapisan masyarakat di berbagai daerah pun bisa merasakan manfaat sinergi ini.

"Inilah sinergi BUMN kita, inilah hasil kalau berkomitmen bahwa BUMN hadir untuk negeri. Dan saya yakin kita bisa melakukan banyak hal.  Masih banyak yang harus diselesaikan, kita semua harus sama-sama bahu-membahu meningkatkan ekonomi Indonesia di seluruh pelosok negeri.

Selain itu menurutnya dengan sinergi dapat memberikan keuntungan yang lebih baik kepada BUMN maupun anak usahanya. Pasalnya, pembangunan tidak bisa selalu bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ).

"Tanggung jawab kita sebagai BUMN, karena kita tidak bisa bergantung APBN, banyak sekali masyarakat yang kurang mampu, daerah yang belum berkembang infrastrukturnya. Kita masyarakat Indonesia harus bersama meningkatkan perekonomian Indonesia di seluruh titik," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Massassya menerangkan apa yang dikerjasamakan mulai dari kegiatan logistik, kegiatan pelabuhan, supporting technology, dan juga melalui anak usaha Pelindo II mewujudkan pariwisata Indonesia timur.

“Untuk pariwisata ini kami bekerja sama dengan Indonesia Hotel,” ungkap Elvyn.

Elvyn beranggapan kerja sama tersebut bisa berkontribusi untuk pembangunan kedaulatan maritim Indonesia. Tentu pada akhirnya bisa mengurangi biaya logistic, bahkan pengelolaan pelabuhan secara professional. Salah satu yang ia banggakan, anak perusahannya bisa memberikan sistem kepada beberapa kawasan logistik termasuk nusantara.

“Kami berharap Menteri Rini mendukung sinegitas ini. Pada akhirnya nanti menjadikan BUMN menjadi perusahaan di negerinya sendiri,” tutur Elvyn…… ( Ozi )

 

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL