background img
BJB 2017
HMI Bumiayu Berdemo Mendesak Langkah Nyata dalam Pemekaran, UMK dan FO Kretek

HMI Bumiayu Berdemo Mendesak Langkah Nyata dalam Pemekaran, UMK dan FO Kretek

BREBES-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Jumat (10/11) mengadakan demo di pinggir jalan Diponegoro. Mereka menutut pemerintah mengambil langkah nyata untuk tiga hal yakni soal pemekaran Brebes Selatan, UMK, dan FO Kretek.
Koordinator Lapangan (Korlip) aksi, Rizal Septiadi menjelaskan, tuntutan pertama HMI agar pemekaran segera direalisasikan. Hal ini, kata dia, sebagai satu-satunya cara untuk mengatasi mahalnya biaya pelayanan publik saat ini.
"Kalau kita melihat wilayah enam kecamatan yang mencakup Kecamatan Tonjong, Bumiayu, Bantarkawung, Sirampog, Paguyangan, dan Salem jarak tempuhnya berpuluh kilometer dari pusat pemerintahan. Berarti setiap harinya banyak uang akan habis di jalan,"katanya.
Padahal, kata dia, wacana pemekaran sudah muncul sejak 57 tahun yang lalu. Tepatnya tahun 1960.  Kemudian, pada November 2012 oleh tokoh-tokoh masyarakat Bumiayu telah mendeklarasikan dan membentuk presidum pemekaran.
"Apabila dilihat dari waktu, tentunya ide dan kenginan untuk mekar sudah sangat lama. Akan tetapi kenapa perkembangan pemekaran sepertinya berjalan ditempat?. Kajian ilmiah harus objektif tidak boleh diintervensi siapapun,"tegasnya.
Kemudian, kedua HMI mendesak agar Upah Minimum Kabupaten (UMK) Brebes segera dinaikkan menjadi Rp 1.541.617 dari yang awalnya Rp 1.418.100.
"Kami mendorong agar Pemkab Brebes segera berkoordinasi dengan instansi supaya segera mungkin menetapkan UMK yang sudah diedarkan dalam surat sprint,"tandas dia.
Kemudian, ketiga HMI juga meminta penanganan Flyover (FO) dilakukan lewat gugatan perwakilan atau class action. Upaya ini, lanjut dia, untuk menyikapi banyaknya kejadian kecelakaan dan memakan korban pasca FO dibangun.(rbn)
Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL