background img
bank bjb
Kajian pemanfaatan potensi desa terkait pengelolaan air bersih desa drawati paseh kabupaten Bandung

Kajian pemanfaatan potensi desa terkait pengelolaan air bersih desa drawati paseh kabupaten Bandung

KABUPATEN BANDUNG - Adanya sumber daya air yang melimpah di kawasan bukit sirahcai Cijagra desa Drawati Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, pemerintahan desa Drawati berupaya untuk mengembangkan potensi alam tersebut. 

Sumber mata air  berada dikawasan lahan perhutani yang mengairi ke beberapa desa dan kecamatan disekitarnya.
Pemanfaatan mata air tersebut selain untuk pertanian dan untuk kebutuhan sehari-hari sudah dikembangkan wisata air, yang dikelola oleh kelompok tani setempat hasil kerjasama dari Perhutani, Pertanian dan Pemerintah Desa.

"Sumber mata air sirahcai Cijagra ini selain dijadikan objek wisata, saya berkeinginan untuk dijadikan aset bumdes untuk kemasan air minum mineral" ujar Aep Rusmana Kepala Desa Cijagra.

"maka dengan dorongan dari para pendamping profesional di Kecamatan Paseh akhirnya kami bisa mengundang konsultan untuk mengkaji potensi air sirahcai cijagra"tambahnya.

Dikatakan salah satu pendamping desa iyan sofyan "keberadaan sumber mata air di desa drawati ini mudah2an dapat dijadikan program 4 skala prioritas dari kementrian desa khusus nya untuk embung desa, produk unggulan desa, dan dapat dikembangkan oleh bumdes"

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng