background img
bank bjb
Diguyur Hujan Deras, Warga Brebes Antusias Saksikan Kirab Budaya

Diguyur Hujan Deras, Warga Brebes Antusias Saksikan Kirab Budaya

Brebes. Berbagai kegiatan digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Brebes ke - 341. Pada puncak acara, seusai sidang paripurna DPRD, sekitar pukul 14.00 WIB, bertempat di halaman Kantor DPRD Kabupaten Brebes, Jumat (18/1) siang dilepas Kirab Budaya Hari Jadi Ke-341 Brebres.

Sepanjang rute perjalanan, ribuan warga berbondong bondong turut menyaksikan jalannya kirab budaya. dengan rangkaian iring iringan Kirab menyita perhatian warga. Meski hujan lebat mengguyur tak menyurutkan mereka untuk menyaksikan kegiatan dua tahunan itu. Belasan kereta kencana yang ditumpangi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH beserta suami Kompol Warsidin, Wakil Bupati Narjo beserta istri Ny Sri Legiastuti Narjo, Forkopimda, Kepala SKPD, dan Camat seluruhnya beserta istri tampak semarak. Tampil juga berbagai atraksi kesenian dari 17 Kecamatan, batik Carnival dan budaya lainnya.

Mengambil rute mulai dari kantor DPRD Brebes melewati jalan Jend Sudirman, Jl Tri Tura, jl Slamet, hingga finish di alun-alun Brebes. Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH bersama Forkopinda menyapa ribuan masyarakat yang hadir dengan menaburkan beras kuning, perpen dan uang logam seribuan.

Bupati Idza berpesan agar masyarakat di Kabupaten Brebes bisa hidup damai tanpa adanya perselisihan meskipun beda pilihan dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 mendatang.

"Saya berpesan kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas dan kedamaian. Apalagi sebentar lagi pesta demokrasi segera dilangsungkan," ucap Idza dalam sambutannya.

Idza meminta masyarakat jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang tidak benar. Sehingga bisa memicu terjadinya perselisihan. "Untuk mewujudkanya saya minta peran serta masyarakat unyuk memerangi berita bohong (Hoax) yang dihembuskan di jejaring media sosial," jelasnya.

Kirab budaya yang menjadi agenda rutin dan puncak acara setiap hari jadi Kabupaten Brebes mendapat sambutan hangat dari ribuan masyarakat. Hal itu, terlihat ribuan masyarakat menyemut di sepanjang jalan pantura hingga Alun-alun Brebes. Bahkan, masyarakat pun mulai dari anak-anak, orang tua, pelajar dan pemuda pemudi antusias mengabadikan momentum kirab budaya yang digelar.
Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH bersama suami Drs Kompol Warsidin menaiki kereta kencana, di belakang iring - iringan rombongan Paskibraka pembawa bendera merah putih. Di belakangnya kemudian kereta kencana yang dinaiki Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri.

Kemudian disusul kereta kencana yang ditumpangi Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono SIK MSI bersama putra dan putrinya yang turut diajak. Rombongan kereta kencana selanjutnya, diisi oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Brebes serta para Camat se Kabupaten Brebes.

Sepanjang perjalanan, dari atas kereta kencana Bupati Brebes menyebarkan beras kuning yang berisi uang logam dan permen. Hal itu sontak membuat masyarakat yang menonton langsung berebut untuk mendapatkanya.

Kirab budaya ini juga menampilkan berbagai peserta dari kalangan pelajar baik SMP ataupun SMA. Mereka menampilkan batik carnival Brebesan. Meskipun desainer dari sekolah, batik carnival yang ditampilkan tak kalah dengan desainer profesional. Satu yang mencuri perhatian, yakni batik karya lokal Brebesan.

Selain pelajar, masing-masing kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Brebes turut andil dalam kirab budaya tersebut. Dalam kirab ini, juga diarak tiga gunungan yang berisi hasil bumi masyatakat Brebes seperti, beras, bawang merah, cabe, buah buahan dan hasil bumi lainnya.

Sampai dipanggung kehormatan, tiga gunungan yang kemudian nantinya akan dibagikan kepada penonton yang memadati arena kirab budaya.

Walaupun di guyur hujan, warga masyarakat Brebes sangat antusias menyaksikan jalannya kirab. Berbagai atraksipun dilakukan oleh seluruh peserta yang disambut dengan hangat oleh masyarakat yang memadati arena kirab. 

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4