background img
bank bjb
Luky Djohari : Harus ada Pemahaman yang utuh dari Masyarakat dan Pemerintah

Keberadaan Keraton Sumedang Larang

Luky Djohari : Harus ada Pemahaman yang utuh dari Masyarakat dan Pemerintah

SUMEDANG, - Keraton Sumedang Larang (KSL) menjadi bukti perjalanan sejarah Sumedang yang tidak terkalahkan dengan keroton lain yang ada di wilayah nusantara.

Ketua Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang  R.Luky Djohari Soemawilaga menyebutkan, eksistensi Keraton Sumedang Larang hadir pada era saat ini mempunyai peran dan fungsi sebagai institusi kekerabatan yang berfungsi sebagai Pusat Pelestarian dan pengembangan budaya dan Keraton berperan menaungi masyarakat adat di wilayahnya.

"Harus ada pemahaman yang utuh dari masyarakat dan pemerintah  tentang pentingnya keberadaan Keraton  yang dapat memberikan kontribusi untuk  kepentingan pembangunan di Kabupaten Sumedang," ujar Luky, Jumat (12/4/2019).

Ia menambahkan, berdasarkan aspek sejarah kehadiran Keraton Sumedang Larang dapat  mengisi dan  mewujudkan Sumedang Puseur Budaya Sunda ( SPBS) yang sesungguhnya. Dimana ruh dan marwah SPBS bila dilihat dari pendeklarasian tahun 2009 dan Peraturan Bupati No.113 thn 2009 tentang SPBS adalah keberadaan Keraton Sumedanglarang,  diantaranya  pasal 7 menyatakan logo SPBS menggunakan dan merujuk kepada logo Keraton Sumedang Larang (KSL).(hms)


Berita Lainnya
IKLAN  BRBES NEBENG IKLAN SALES MOTOR RADIO THOMSON TEGAL BJB IKLAN
PMI gratisa RADIO THOMSON TEGAL amanah umah thomson radio
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS