background img
bank bjb
Tanah Timbul Pantai Sanghyang Kalang Wisata Baru Keren Instagramable di Pangandaran

Epi Kustiawan Kadishut Jabar (pakai topi biru ke 3 dari kiri) saat berada di lokasi desa Batukaras Pangandaran (Foto : Arus)

Tanah Timbul Pantai Sanghyang Kalang Wisata Baru Keren Instagramable di Pangandaran

Diusulkan untuk menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE)

Sinarpaginews.com, BANDUNG - Kabupaten Pangandaran memiliki berbagai panaroma alam pantai yang indah dan menakjubkan. Masih banyak spot objek wisata keren lainnya yang belum banyak disentuh dan diketahui wisatawan.

Salah satu objek wisata keren terbaru yang wajib kita datangi adalah Tanah Timbul Blok Pangelekan Pantai Sanghyang Kalang.

Di lokasi wisata ini kita juga wajib mengabadikannya dengan berfoto atau selfie, karena panorama alamnya sangat instagramable. 

Lokasinya berada di Jalan Batu Karas, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Tanah timbul blok Pangelekan Pantai Sanghyang Kalang Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran selain objek wisata juga memiliki potensi untuk diusulkan menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Ir. Epi Kustiawan, MP kepada Sinarpaginews.com.

"Tanah Timbul Blok Pangelekan Pantai Sanghyang Kalang
memiliki keaneka ragaman hayati, tempat persinggrahan migrasi burung, tempat singgahnya penyu sisik, tanaman khas setempat dan belum berpenghuni serta dapat mendukung Pariwisata di Kabupaten Pangandaran." ujar Epi di kantornya Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Jl. Sukarno Hata 751 Bandung, Senin (24/06/2019).

Apa itu Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) dan apa mabfaatnya? Epi selanjutnya menjelaskan.

"Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) adalah ekosistem di luar kawasan hutan konservasi yang secara ekologis penting bagi konservasi keanekaragaman hayati yang mencakup ekosistem alami dan buatan yang berada di dalam dan di luar kawasan hutan," tandasnya.

"Kawasan Ekosistem Esensial sangat berperan penting dalam mendukung  perlindungan keanekaragaman hayati (ekosistem, spesies, dan keanekaragaman genetik). Karena kawasan tersebut melindungi terancamnya kawasan diluar kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam yang mempunyai keunikan baik spesies flora maupun fauna. Bilamana dibiarkan akan ada kerusakan di kawasan tersebut dengan adanya penurunan keanekaragaman hayati, penurunan kualitas air, maupun pencemaran lingkungan. Selain itu Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) mempunyai posisi penting yang memberikan kontribusi berupa barang dan jasa lingkungan serta menunjang tumbuhnya sektor sektor ekonomi kreatif," penjelasan dan harapan Epi yang juga Ketua Umum ARGADIKA. (Arus)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4